Cara Mencari Peluang Suatu Kejadian

Arti Peluang. Pernahkah Anda melakukan pelemparan sebuah uang logam ke atas kemudian menangkapnya kembali? Pada saat melempar uang logam itu, kemungkinannya hanya ada dua yang akan muncul di posisi atas yaitu gambar atau angka. Artinya semua kejadian yang ada pada peristiwa pelemparan uang koin hanya ada dua saja yaitu angka dan gambar. Nah Himpunan semua kejadian ini disebut Ruang Sampel dari kejadian.

Sekarang kita berpikir, ada berapa kemungkinan munculnya angka pada pelemparan tersebut? Hanya ada 1 kemungkinan dari 2 ruang sampelnya yang ada yaitu 1/2. 1/2 inilah yang diartikan sebagai nilai peluang.

Rumus Peluang. Misalkan: A adalah himpunan kejadian dan S adalah himpunan semua kejadian Maka peluang kejadian A dirumuskan sebagai:

Dengan:
n(A) : banyaknya anggota himpunan A
n(S) : banyaknya anggota ruang sampel.

Contoh Soal: Pada pelemparan sebuah dadu, berapakah peluang munculnya angka genap?

Penyelesaian:
A={Munculnya angka genap pada dadu} atau
A={2,4,6}
n(A)=3

Ruang Sampel={1, 2, 3, 4, 5, 6}
n(S)=6

Jadi,
$P(A)=\frac{n(A)}{n(S)}$
$P(A)=\frac{3}{6}=\frac{1}{2}$

Demikianlah cara mencari peluang suatu kejadian, yaitu menghitung banyaknya kejadian yang terjadi dan menghitung banyaknya ruang sampel kejadian dimana masing-masing dilambangkan dengan n(A) dan n(S) kemudian membandingkannya. Untuk pembahasan lebih lengkap silahkan baca Cara Mengerjakan Soal Peluang.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Peluang Suatu Kejadian"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇