Belajar Matematika Online

PERHATIAN: Mohon maaf, jika ada tampilan iklan atau iklan yang tidak syar'i, jangan diteruskan! Kami akan melakukan upaya pemblokiran, terima kasih!

Rumus Statistik Uji Validitas



Iklan

Uji validitas dalam penelitian dilakukan untuk menguji valid atau tidaknya instrumen penelitian yang dilakukan. Khususnya dalam penelitian pendidikan matematika yang admin lakukan dengan judul “Pengaruh Pemahaman Konsep Limit dan Turunan Fungsi terhadap Hasil Belajar Matematika” di salah satu SMA negeri Kab. Konawe.

Instrumen penelitian yang admin gunakan berupa tes essay dan pilihan ganda sehingga rumus uji validitas yang admin gunakan ada dua, yang akan admin jelaskan berikut ini.

Pada penelitian admin, instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes. Penyusunan soal tes tersebut diawali dengan menentukan kompetensi dasar dan indikator yang akan diukur, menyusun kisi-kisi tes berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang dipilih, kemudian menyusun butir tes berdasarkan kisi-kisi yang dibuat. Sebelum digunakan pada sampel penelitian, dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas setiap butir tes apakah layak untuk digunakan sebagai alat ukur yang baik.

Untuk mengetahui validitas setiap butir soal esai dari instrumen tes tersebut digunakan rumus korelasi Product Moment:

rxy

Keterangan : rXY = Koefisien korelasi

X = Skor butir soal yang dicari validitasnya

Y = Skor total

n = Banyaknya responden

Nilai rXY yang diperoleh dibandingkan dengan nilai r pada Tabel Harga Kritis r Product Moment (rTabel) pada taraf signifikansi 5%. Jika rXY $\ge$ rTabel maka butir soal tersebut valid, sebaliknya jika rXY < rTabel maka butir soal tersebut tidak valid (Siregar, 2013: 77).

Sedangkan untuk mengetahui validitas setiap butir soal pilihan ganda dari instrumen tes tersebut digunakan rumus korelasi point biserial:

r bis

Menurut Arikunto (2008: 80), makin tinggi koefisien yang dimiliki makin valid butir instrumen tersebut. Secara umum apabila koefisien korelasinya sudah lebih besar dari 0,3 maka butir instrumen tersebut sudah dikategorikan valid.

Demikian postingan kami tentang Rumus Statistik Uji Validitas.

Sumber kutipan: Batauga, Fredi. “Pengaruh Pemahaman Konsep Limit dan Turunan Fungsi terhadap Hasil Belajar Integral Substitusi Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Wawotobi”. Skripsi. Unaaha: Universitas Lakidende.

IKLAN!

Sekedar info, bagi Anda yang butuh jasa analisis atau menginginkan file input data di MS exelnya untuk validitas dan reliabilitas instrumen tes hasil belajar bentuk esai dan pilihan ganda, silahkan menghubungi kami. Terima kasih telah berkunjung.

Perhatian: Tertarik untuk memasang iklan disini? Chat Via WA 085246493737
MY IKLAN
Buku Metode Berhitung Alif
Pesan Di Sini
atau lihat dan dapatkan ebooknya di Google Play Book

No comments:

Post a Comment

Komentar yang menampilkan gambar berupa foto makhluk bernyawa atau emotion, akan kami hapus!

Layanan

1. Kerja Soal Matematika Mu

2. Buat Blog, Register dan Custom Domain Blogger Mu

3. Beriklan di Blog Kami / Job Review

4. Jasa Blokir dan Cekal Iklan Google Adsense yang Tidak Diinginkan

5. Jual Produk/Jasa Anda di Toko Online Kami

Kontak Kami

Name

Email *

Message *

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design