Apa Manfaat Belajar Mental Aritmatika ?

Pada pembahasan sebelumnya, mengenai Apa itu Mental Aritmatika ? Selanjutnya akan dijelaskan beberapa manfaat dalam mempelajari mental aritmatika, antara lain adalah sebagai berikut:
a). Mengoptimalkan fungsi otak kanan dan otak kiri.
  Dalam metode mental aritmatika ini, kerjasama otak kanan dan otak kiri secara kontinu sangat dibutuhkan.
Dengan begitu kedua bagian otak yang sangat penting itu bekerja beriringan, tidak ada yang lebih diutamakan. Otak kiri sangat dibutuhkan untuk proses berhitungnya, sedangkan otak kanan dibutuhkan dalam imajinasi dan logika. Jadi keduanya akan menjadi terasah karena keduanya sama-sama dilatih secara kontinu.
 b). Melatih kesabaran dan meningkatkan kepercayaan diri
 Sebenarnya tidak hanya melatih kesabaran, tetapi metode mental aritmatika ini juga melatih ketekunan dan keuletan seseorang. Dalam metode ini seseorang dituntut untuk tetap terus bersabar dan tekun dalam berlatih atau belajar metode ini. Ketekunan dan kesabaran juga dapat dikatakan sebagai faktor yang penting dalam mempelajari metode ini, karena dengan ketekunan dan kesabaran seseorang yang mempelajari metode ini menjadi ulet dan punya keinginan untuk bisa. Setelah orang itu bisa menguasai metode ini, otomatis dia akan dapat menghitung diatas rata-rata orang biasa yang akan menimbulkan rasa percaya diri dari orang itu. 
c). Menumbuhkan daya imajinasi dan kreatifitas
 Otak kanan dalam hal ini menjadi aktor utama dalam menumbuhkan daya imajinasi yang kuat dan daya kreativitas. Dalam metode mental aritmatika kita sudah mengetahui bahwa kedua bagian otak sangat diperlukan. Jadi walaupun ini masalah berhitung, tidak hanya otak kiri yang dibutuhkan tetapi otak kanan sangat dibutuhkan dalam proses imajinasi berhitung.
 d). Meningkatkan konsentrasi berfikir.
 Karena kedua otak dilatih secara kontinu, hal ini mengakibatkan kerjasana orak kanan dan otak kiri menjadi baik sehingga akan menyebabkan peningkatan daya konsentrasi dalam berfikir. e). Mengembangkan daya analisa dan logika berfikir. Kerjasama yang baik antara otak kanan dan otak kiri dalam mental aritmatika ini mengakibatkan terjadinya koordinasi yang baik pula antara keduanya, sehingga dapat mengembangkan daya analisis dan logika dalam berfikir. Tetapi dalam hal tersebut otak kanan lebih berperan daripada otak kiri. 

1 komentar untuk "Apa Manfaat Belajar Mental Aritmatika ?"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇