Belajar Matematika Online

Iklan Baris Pencarian

Prev

Next

Ayat 1 Tahun = 12 Bulan dalam Al-Quran


close
Bismillah. Seperti yang diajarkan dalam pembelajaran di sekolah, kita ketahui bahwa 1 tahun ada 12 bulan baik pada kalender masehi maupun kalender hijriah. Di dunia saat ini, kalender yang digunakan adalah kalender masehi sedangkan kita umat islam punya kalender sendiri yaitu kalender hijriah.

Al-Battani setelah melakukan pengamatan, ia menghitung lama waktu bumi mengitari matahari (disebut revolusi bumi menurut ilmu astronomi)  adalah terjadi selama 365 hari, 5 jam, 46 menit, 24 detik. Tapi, dengan hanya melakukan pengamatan terhadap bulan saja, kita akan mengetahui bahwa jumlah bulan ada 12 ketika mengitari bumi. Satu tahun ada sebanyak 12 bulan ini adalah ketetapan Allah sebagaimana dalam Al-Quran, Allah berfirman yang artinya:
"Sungguh, jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketauhilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa" (Q.S. At-Taubah: 36)
Pengukuran waktu yang kita gunakan (misalnya 1 hari ada 12 jam) sekarang ini menggunakan sistem duodesimal (basis 12) dan sexadesimal (basis 60) (contohnya 1 jam ada 60 menit). Hal tersebut disebabkan karena ada metode untuk membagi waktu dan diturunkan pertama kali (menurut sejarawan) dari sistem bilangan yang digunakan oleh peradaban kuno Mediterania. Pada sekitar tahun 1500 SM orang-orang Mesir kuno menggunakan Sistem Bilangan berbasis 12, dan mereka mengembangkan sebuah sistem jam matahari. Para Ahli sejarah berpendapat, orang-orang Mesir Kuno menggunakan sistem bilangan berbasis 12 didasarkan atas jumlah siklus bulan dalam setahun atau bisa juga kemungkinan didasarkan dari jumlah sendi jari manusia (tidak termasuk jempol). 

Revolusi bumi (ilmu astronomi) terjadi selama 365 hari 5 jam 24 detik, jika dibagi 12 maka dalam sebulan rata-rata 30 hari;1 hari = 24 jam (12 jam siang hari dan 12 jam malam hari) diketahui dari lama rotasi bumi (menurut ilmu astronomi); 1 jam = 60 menit diketahui dari berapa lama jarum jam yang panjang berputar dalam satu lingkaran penuh. 

Terlepas dari apakah teori astronomi itu benar atau salah, kita sebagai muslim yang beriman wajib meyakini kebenaran firman Allah berikut ini,
"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. . . ." Q.S. Yunus:5
Dalam Al-Quran Surat Al-Anam ayat 96, Allah juga berfirman,
"Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketetapan Allah yang Maha Perkasa, Maha Mengetahui"
Allahu'alam.
"Cari Artikel/Blog Admin Matematika Lainnya"
Perhatian: Mau pasang iklan disini? Chat Via WA 082349165919
MY IKLAN
Buku Metode Berhitung Alif
Pesan Di Sini
atau lihat dan dapatkan ebooknya di Google Play Book

4 komentar:

  1. Artikel yg anda tulis seakan-akan memaksakan/mencocokkan al quran dgn sains. Ketahuilah bahwa al quran itu merupakan pedoman, rujukan, dan referensi buat umat Islam. Apakah ada satupun ayat dalam al quran yg menyatakan bahwa bumi itu bergerak, atau berputar, atau berotasi, atau beredar???? Demi Allah yg kepadaNya bergantung segala sesuatu, tidak ada satupun ayat yg menyatakan demikian. Maka bagaimana anda mencocokkan/memaksakan al quran cocok dengan pemahaman yg telah anda dapat dari doktrin sains selama ini. Sains mengatakan, kita dapat menghitung jam, dan hari, dan bulan, dan tahun, melalui Rotasi dan peredaran bumi, sementara tak ada ayar yg mengatakan bahwa bumi itu berotasi, berputar, beredar, bahkan bergerakpun bumi tidak. "Dan Dia lah yang menahan bumi agar bumi itu tidak bergerak......".
    Ketahuilah, Apa yg anda katakan sangat berbeda dari apa yang al quran katakan. Anda (mungkin secara tidak sadar) berusaha membantah al quran dengan mengatakan bumi itu beredar, but al quran mengatakan matahari dan bulanlah yg beredar. Maka berhentilah memaksakan tafsiran al quran sesuai dgn sains yg anda dapat selama ini.
    Ketahuilah, peredaran matahari menandakan hitungan hari, dan peredaran bulan menandakan hitungan bulan. Tuhan menatapkan hanya ada dua belas manzilah pada bulan, maka itulah hitungan tahun. Dan di antara 12 itu, terdapat 4 bulan Haram.

    BalasHapus
  2. Artikel yg anda tulis seakan-akan memaksakan/mencocokkan al quran dgn sains. Ketahuilah bahwa al quran itu merupakan pedoman, rujukan, dan referensi buat umat Islam. Apakah ada satupun ayat dalam al quran yg menyatakan bahwa bumi itu bergerak, atau berputar, atau berotasi, atau beredar???? Demi Allah yg kepadaNya bergantung segala sesuatu, tidak ada satupun ayat yg menyatakan demikian. Maka bagaimana anda mencocokkan/memaksakan al quran cocok dengan pemahaman yg telah anda dapat dari doktrin sains selama ini. Sains mengatakan, kita dapat menghitung jam, dan hari, dan bulan, dan tahun, melalui Rotasi dan peredaran bumi, sementara tak ada ayar yg mengatakan bahwa bumi itu berotasi, berputar, beredar, bahkan bergerakpun bumi tidak. "Dan Dia lah yang menahan bumi agar bumi itu tidak bergerak......".
    Ketahuilah, Apa yg anda katakan sangat berbeda dari apa yang al quran katakan. Anda (mungkin secara tidak sadar) berusaha membantah al quran dengan mengatakan bumi itu beredar, but al quran mengatakan matahari dan bulanlah yg beredar. Maka berhentilah memaksakan tafsiran al quran sesuai dgn sains yg anda dapat selama ini.
    Ketahuilah, peredaran matahari menandakan hitungan hari, dan peredaran bulan menandakan hitungan bulan. Tuhan menatapkan hanya ada dua belas manzilah pada bulan, maka itulah hitungan tahun. Dan di antara 12 itu, terdapat 4 bulan Haram.

    BalasHapus
  3. iaa, terimakasih atas nasihatnya, benar tidak ada satupun dalil dari al-qur'an menyebut bumi mengitari matahari, kami akan menghapus postingan ini... postingn yg lebih mengutmkn pandangan sains daripada kitabullah..

    BalasHapus
  4. Kami akan memperbaiki tulisan ini lagi, insya Allah..

    BalasHapus

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design
Kirim Pesan atau Soal
×
_

Hai, Kamu bisa kirim pesan atau PR Matematikamu ke Admin, di sini! Jangan lupa like halaman admin ya, terima kasih!