Pengantar Olimpiade Matematika SMP

Bagi para siswa yang mulai menyukai matematika, mereka diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai even kompetisi baik yang diselenggarakan di tingkat kota, wilayah, atau pun nasional. Salah satu even yang diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para siswa penggemar matematika dan sains adalah diselenggarakannya program Olimpiade Sains Nasional (OSN). Di tingkat SMP, OSN ini telah dirintis mulai tahun 2003 yang diprakarsai oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pada tingkat nasional jenjang SMP, ada IJSO atau International Junior School Olimpiad yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta, Indonesia tahun 2004. Pada even tersebut, Indonesia menjadi Juara Umum dengan memperoleh 9 medali dari 12 medali yang diperebutkan.

Soal-soal olimpiade pada tingkat kota/kabupaten terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 10 soal isian singkat. Pada tingkat provinsi terdiri dari 10 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Pada tingkat nasional terdiri dari 40 soal pilihan ganda. Pada Olimpiade Sains Nasional hari pertama dan hari kedua masing-masing 5 soal uraian. Untuk olimpiade matematika mancanegara terdiri 25 soal pilihan ganda berbahasa inggris.

Berbicara bidang matematika, pada umumnya materi yang diujikan pada olimpiade matematika SMP adalah sebagai berikut.

  1. Bilangan
  2. Aljabar
  3. Kombinatorik, Peluang, dan Statistika
  4. Geometri
  5. Pengukuran

3 komentar untuk "Pengantar Olimpiade Matematika SMP"

  1. thanks ea mas, atas ilmu matematikanya..
    saya banyak belajar di blog ini...:-)

    BalasHapus
  2. Ia sama-sama mas, mungkin bisa jadi member blog ini hehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇