Tips Tidur Sehat (TTS)

Tips Tidur Sehat. Ternyata tidur perlu diatur dengan pola tertentu tidak sekedar menutup mata. Tidur sehat maksudnya adalah tidur yang baik bagi kesehatan. Tidur manusia berkaitan dengan waktu tidur, posisi tidur, dan lama waktu tidur. 

Tidur merupakan aktivitas sehari-hari yang kita lakukan untuk beristirahat, memulihkan badan, peremajaan sel, dan merefresh kerja organ tubuh kita seperti otak, jantung, dan organ tubuh secara keseluruhan. 

Kualitas tidur seseorang tidak diukur dengan lamanya waktu tidur seseorang melainkan diukur dari kemanfaatan tidurnya bagi kesehatan. Bahkan tidur yang lama tidak baik bagi kesehatan dan yang ada ketika bangun kita langsung pusing, lemas, dan tak punya semangat dan gairah.

Mengatur pola tidur Anda, pada hakikatnya mengenai hal waktu tidur, lamanya waktu tidur, dan posisi tidur. Informasi tersebut saya dapatkan dari berbagai sumber dan membagikannya kepada pengunjung blog ini tanpa harus menjelaskan secara ilmiah mengapa harus demikian tetapi hanya sedikit membahas mengapa demikian.

1. Berapa lama waktu tidur anda?

Menurut para dokter, tidur yang baik itu 7-8 jam dalam sehari. Para peneliti membantah anggapan tersebut, tidur 6-7 jam itu sudah lama, bahkan ada hasil penelitian mengenai tidur lama tidak baik bagi kesehatan dan membuat resiko kematian lebih cepat dari orang yang tidurnya lebih sedikit. Riset itu dilakukan dengan menyuruh sebagian untuk tidur lama dan yang ditentukan waktunya. Jadi tidur yang baik itu 6-7 jam, jangan kurang dari 6 jam dan jangan lebih dari 7 jam. 

2. Waktu yang baik untuk tidur

Pada waktu dimana Anda sering tidur? Waktu yang tidak baik untuk tidur ialah:
#Selepas subuh hingga terbit fajar;
#Selepas asar hingga magrib;
#Selepas magrib hingga isa.

Add:
#Jangan tidur setelah makan, tungguh hingga minimal 1 jam setelah makan.
#Tidurlah untuk beristirahat bukan untuk menghabiskan waktu hanya untuk tidur.

3. Bagaimana posisi tidur anda ?

Posisi tidur yang baik yaitu dengan menghadap ke-kanan dan sesekali menghadap ke-kiri setelah itu menghadap ke kanan kembali dengan menindis tulang rusuk kanan. Alasan mengapa harus menghadap ke-kanan yaitu jika posisi tidur menghadap ke atas akan menindis tulang belakang, posisi ke-kiri akan menindis jantung dan lambung Anda yang menyebabkan jantung anda harus memompah darah lebi kuat, sedangkan posisi tengkurap berkaitan dengan pernapasan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Tidur Sehat (TTS)"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Harga Promo Rp.85000 (Rp. 100.000)
KLIK DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!