Persamaan Diferensial Tingkat 2

Pada bacaan sebelumnya di Persamaan Diferensial Tingkat 1, sudah dijelaskan bahwa tulisan-tulisan untuk kategori Persamaan Diferensial hanya membahas PD yang dapat diselesaikan secara eksak. Yang dimaksud PD Tingkat 2 juga sudah dibahas di situ, yaitu PD yang memuat derivatif dalam persamaan paling tinggi adalah 2. Silahkan baca Pengertian Persamaan Diferensial Biasa, Linier, dan Tak Linier.

Pada PD Tingkat 2, insya Allah dibahas materi-materi berikut ini.
  • PD Khusus Tak Linier
  • PD Linier Orde 2 Homogen dengan Koefisien Konstan
  • PD Linier Orde Dua Tak Homogen dengan Koefisien Konstan
Pada PD khusus tak linier kita menggunakan metode reduksi tingkat. Jadi, ada PD khusus tingkat 2 tak linier yang dapat direduksi menjadi PD tingkat 1 dengan melakukan pemisalan, sehingga dengan bentuk PD tingkat 1 nya tersebut, kita dapat menyelesaikannya dengan suatu cara yang ada pada PD tingkat 1. Kemudian menjadi sederhanalah penyelesaian PD tingkat 2 nya, dengan mengembalikan kembali variabel yang telah dimisalkan tadi.

Pada PD linier orde 2 homogen dengan koefisien konstan, kita menggunakan kriteria akar-akar persamaan karakteristik yang terdiri dari 3 kemungkinan, yaitu dua akar real berbeda, dua akar real kembar, dan dua akarnya kompleks.

Pada PD linier orde 2 tak homogen dengan koefisien konstan, solusi umnya berbentuk $y=y_c +y_p $ dengan $y_c $ solusi PD homogen dan $y_p $ adalah solusi khusus dari persamaan tak homogen. Adapun solusi khusus dapat dicari dengan 3 metode berikit ini.
  1. Metode Koefisien Tak-Tentu
  2. Metode Variasi Parameter
  3. Metode Operator
Untuk memudahkan para pembaca, pembahasan penyelesaian PD Tingkat 2 ini, saya beri label PD Tingkat 2.

0 Response to "Persamaan Diferensial Tingkat 2"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Apakah Anda ingin PINTAR MATEMATIKA?  Ayo Belajar Matematika dari dasar! Baca Ebook Belajar Matematika dari Dasar.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mau jual Ebook di Google Play, tapi belum punya akun mitra google book? Baca Cara Daftar Mitra Google Buku yang Sementara Ditutup: Saya Berkali-kali Diterima Lho