Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Soal Membandingkan Bilangan Pecahan dan Jawabannya

Berikut ini adalah soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 dalam buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi tahun 2017 pada halaman 45-50.

Soal Ayo Kita Berlatih 1.4 ini terdiri dari soal pilihan ganda dan soal uraian.

Soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda terdiri dari 10 soal.

Sedangkan Soal Ayo Kita Berlatih 1.3 Esai terdiri dari 4 soal.

Jadi, total jumlah soal dari Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 adalah 14 soal.

Soal-soal ini merupakan soal dari materi Membandingkan Bilangan Pecahan yang merupakan Materi Matematika SMP Kelas 7 Semester 1 BAB BILANGAN.

Teman-teman harus bisa mengerjakan Ayo Kita Berlatih 1.3 Matematika Kelas 7 Semester 1 sebagai latihan untuk mengukur penguasaan konsep Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat.

#1 Soal Matematika No. 1-3 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda

Berikut ini adalah soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Pilihan Ganda no. 1 s/d 3.

Soal No. 1-3 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda

Jawaban Soal Matematika Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4 No. 1-3

Jawaban dari pertanyaan soal matematika di atas adalah sebagai berikut.

Pembahasan:

Soal No. 1 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Taksiran terdekat untuk nilai yang bersesuaian dengan titik P pada garis bilangan adalah ...

a. 1,1

b. 1,2

c. 1,4

d. 1,5

Cara Mengerjakan

Teman-teman perhatikan letak titik P yaitu berada di antara 1 dan 2.

Jika diperhatikan titik P dekat antara 1,2 dan 1,2. Jadi, kita harus menentukan titik P lebih dekat ke mana.

Jika dibandingkan jarak dari 1 ke P dan jarak dari P ke 2 adalah 1 : 4 dan perbandingan jarak dari 1 ke P dengan jarak 1 ke titik 2 adalah 1 : 5.

Sehingga, dari 1 ke 2 dapat kita bagi menjadi 5 bagian yang sama besar yaitu 1/5=0,2.

Karena itu, titik P terletak pada 1+0,2 atau 1,2.

Jadi, taksiran terdekat untuk nilai yang bersesuaian dengan titik P adalah 1,2 (Jawaban B).

Soal No. 2 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Seorang pelari mampu menempuh jarak sejauh 3.000 meter dalam waktu 8 menit. Berapakah rata-rata kecepatan pelari tersebut dalam meter per detik?

a. 3,75

b. 6,25

c. 16

d. 37,5

Cara Mengerjakan

Diketahui pelari mampu berlari sejauh 3000 meter dalam waktu 8 menit.

Ini berarti kecepatan pelari tersebu adalah 3000/8 meter/menit.

Karena 1 menit = 60 detik, maka 8 menit = 480 detik, sehingga rata-rata kecepatan pelari tersebut dalam meter per detik adalah:

$$\begin{align} & \frac{3000 \ meter}{8 \ menit} \\ &= \frac{3000 \ meter}{480 \ detik} \\ &= 6,25 \ m/detik \end{align}$$

Jadi, kecepatan rata-rata pelari tersebut adalah 6,25 m/detik. (Jawaban B)

Soal No. 3 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Pecahan yang sesuai untuk menyatakan bagian yang terarsir pada lingkaran berikut adalah ...

a. Antara 0 dan 1/4

b. Antara 1/4 dan 1/2

c. Antara 1/2 dan 3/4

d. Antara 3/4 dan 1

Cara Mengerjakan

Untuk menjawab berapa besar pecahan yang bisa menunjukkan daerah yang diarsir, kita lihat berapa besar sudut yang dibentuk oleh daerah yang diarsir tersebut.

Jika kita perhatikan, tampak daerah yang tidak diarsir besar sudutnya lebih dari 90 derajat.

Karena 1 lingkaran penuh besarnya adalah 360 derajat maka daerah yang diarsir adalah kurang dari 270 derajat.

Dengan demikian, daerah yang diarsir besarnya kurang dari 270 derajat.

Perhatikan lagi bahwa daerah yang diarsir melebihi 180 derajat atau 1/2 lingkaran.

Jadi, daerah yang diarsir adalah:

Antara 1/2 dan 3/4 (Jawaban C).

#2 Soal Matematika No. 4-6 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda

Berikut ini adalah soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Pilihan Ganda no. 4 s/d 6.

Soal No. 4-6 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda

Jawaban Soal Matematika Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4 No. 4-6

Jawaban dari pertanyaan soal matematika di atas adalah sebagai berikut.

Pembahasan:

Soal No. 4 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Air sebanyak 400 liter dapat dituangkan ke botol berukuran 250 mililiter paling sedikit adalah ... botol

a. 16

b. 160

c. 1.600

d. 16.000

Cara Mengerjakan

Karena 1 L = 100 mL maka 400 L = 400.000 mL.

Jadi, botol yang dibutuhkan adalah:

400.000 mL / 250 mL = 1600 botol (Jawaban C).

Soal No. 5 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Di antara ukuran waktu berikut, yang menyatakan durasi waktu paling kecil adalah ..

a. 1 hari

b. 20 jam

c. 1.800 menit

d. 90.000 detik

Cara Mengerjakan

a. 1 hari = 24 jam = 24 x 60 = 1.440 menit = 1.440 x 60 = 86.400 detik

b. 20 jam = 20 x 60 = 1.200 menit = 1.200 x 60 = 72.000 detik

c. 1.800 menit = 1.800 x 60 = 108.000 detik

d. 90.000 detik

Jadi, durasi waktu yang paling kecil adalah 20 jam atau 72.000 detik. (B)

Soal No. 6 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Pecahan dalam satuan jam yang paling tepat untuk menyatakan kelebihan menit antara pukul 1.10 dan 1.30 adalah ...

a. 1/5

b. 1/2

c. 1/3

d. 2/3

Cara Mengerjakan

Selisih waktu antara 1.10 dan 1.30 adalah 20 menit.

1 jam = 60 menit.

1 menit = 1/60 jam.

Sehingga, 20 menit = 20 x 1/60 = 1/3 jam.

Jadi, pecahan dalam satuan jam yang paling tepat untuk menyatakan kelebihan menit antara pukul 1.10 dan 1.30 adalah 1/3. (Jawaban C)

#3 Soal Matematika No. 7-10 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda

Berikut ini adalah soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Pilihan Ganda no. 7 s/d 10.

Soal No. 7-10 Ayo Kita Berlatih 1.4 Pilihan Ganda

Jawaban Soal Matematika Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4 No. 7-10

Jawaban dari pertanyaan soal matematika di atas adalah sebagai berikut.

Pembahasan:

Soal No. 7 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Pada sekelompok siswa, 16 siswa adalah lelaki, sedangkan 14 siswa adalah perempuan. Pecahan yang tepat untuk menyatakan banyaknya siswa laki-laki dalam kelas tersebut adalah ...

a. 14/30

b. 14/16

c. 16/14

d. 16/30

Cara Mengerjakan

Jumlah siswa dalam kelas adalah 16 + 14 = 30.

Jadi, pecahan yang tepat untuk menyatakan banyaknya siswa laki-laki dalam kelas tersebut adalah:

16/30 = 8/15

Soal No. 8 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Pada gambar berikut yang menyatakan arsiran 2/3 adalah ...

Cara Mengerjakan

Bilangan pecahan merupakan bilangan dari pembagian dua bilangan bulat.

Masih ingatkan arti dari pembagian?

Yaitu membagi dengan sama rata.

Misalnya 1 kue dibagi kepada 2 orang, pecahan 1/2 berarti 1 kue dibagi kepada 2 orang dengan sama rata, yaitu masing-masing dapat 1/2 bagian.

Karena itu, melihat pilihan jawaban yang ada maka B, C, dan D bukanlah merupakan pembagian yang sama besar sehingga bukan menjadi pilihan jawaban yang benar.

Adapun pilihan A itu menyatakan arsiran 2/5.

Jadi, gambar yang menyatakan arsiran 2/3 adalah E.

Soal No. 9 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Pada daftar pecahan berikut ini yang ketiganya ekuivalen adalah ...

a. 1/2, 2/4, 4/6

b. 2/3, 4/6, 8/12

c. 2/5, 4/10, 8/50

d. 3/4, 4/6, 6/8

Cara Mengerjakan

Pecahan yang ekuivalen merupakan pecahan yang senilai.

Untuk membuat pecahan yang senilai pembilang dan penyebut dikalikan dengan yang nilainya 1 yaitu 2/2 atau 3/3 atau 4/4 atau 5/5 atau 6/6 atau 7/7 dan seterusnya.

Silahkan teman-teman cek satu per-satu. Jadi, jawabannya adalah:

B karena 2/3 = 4/6 = 8/12.

Soal No. 10 Pilihan Ganda Ayo Kita Berlatih 1.4

Di antara bilangan berikut yang berada di antara 0,06 dan 0,07 adalah ...

a. 0,00065

b. 0,0065

c. 0,065

d. 0,65

Cara Mengerjakan

0,06 itu sama dengan 0,060.

0,07 itu sama dengan 0,070.

Jadi, bilangan yang berada di antara 0,06 dan 0,07 adalah 0,065.

Bilangan tersebut dapat ditentukan dengan mencari rata-rata dari 0,06 dan 0,07 sebagai berikut.

$\frac{0,06+0,07}{2} = \frac{0,13}{2} = 0,065$ (Jawaban C)

#4 Soal Matematika No. 1-2 Ayo Kita Berlatih 1.4 Uraian

Berikut ini adalah soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Uraian nomor 1 s/d 2.

Soal No. 1-2 Ayo Kita Berlatih 1.4 Uraian

Jawaban Soal Matematika Uraian Ayo Kita Berlatih 1.4 No. 1-2

Jawaban dari pertanyaan soal matematika di atas adalah sebagai berikut.

Pembahasan:

Soal No. 1 Uraian Ayo Kita Berlatih 1.4

Dengan menggunakan tanda “=” sama dengan “>” lebih dari atau “<” kurang dari, Bandingkan pecahan-pecahan berikut

a. 3/100 ... 5/100

b. 1/10 ... 1/100

c. 2/5 ... 1/4

d. 99/100 ... 100/101

e. 1/5.000 ... 1/5.001

Cara Mengerjakan

Untuk membandingkan bilangan pecahan di atas, teman-teman samakan penyebutnya lalu bandingkan mana pembilang dari pecahan yang lebih besar maka pecahan itulah yang lebih besar.

Cara yang biasa dikunakan adalah kali silang.

Jawaban dari soal no. 1 di atas adalah:

a, 3/100 < 5/100

b. 1/10 > 1/100

c. 2/5 > 1/4

d.99/100 < 100/101

e. 1/5000 > 1/5001

Soal No. 2 Uraian Ayo Kita Berlatih 1.4

Urutkan bilangan pecahan berikut dari yang terbesar

a. 1/2, 11/16, 3/32, 6/8

b. 7/24, 3/6, 1/3, 3/8

c. 4/5, 7/10, 4/25, 7/15

d. 1/10, 9/40, 3/20 , 6/30

e. 1/2, 2/3, 3/4, 4/5

Cara Mengerjakan

a. Kita samakan penyebutnya menjadi 32, yaitu:

1/2 = 16/32

11/16 = 22/32

3/32 tidak perlu diubah.

6/8 = 24/32

Dengan membandingkan pembilangya maka urutan dari yang terbesar adalah:

6/8, 11/16, 1/2, 3/32

b. Kita samakan penyebutnya menjadi 24, yaitu:

7/24

3/6 = 12/24

1/3 = 8/24

3/8 = 9/24

Dengan membandingkan pembilangya maka urutan dari yang terbesar adalah:

3/6, 3/8, 1/3, 7/24

c. Kita samakan penyebutnya menjadi 150, yaitu:

4/5 = 120/150

7/10 = 105/150

4/25 = 25/150

7/15 = 70/150

Dengan membandingkan pembilangya maka urutan dari yang terbesar adalah:

4/5, 7/10, 7/15, 4/25

c. Kita samakan penyebutnya menjadi 120, yaitu:

1/10 = 12/120

9/40 = 27/120

3/20 = 18/120

6/30 = 24/120

Dengan membandingkan pembilangya maka urutan dari yang terbesar adalah:

9/40, 6/30, 3/20, 1/10

c. Kita samakan penyebutnya menjadi 60, yaitu:

1/2 = 30/60

2/3 = 40/60

3/4 = 45/60

4/5 = 48/60

Dengan membandingkan pembilangya maka urutan dari yang terbesar adalah:

4/5, 3/4, 2/3, 1/2

#5 Soal Matematika No. 3-4 Ayo Kita Berlatih 1.4 Uraian

Berikut ini adalah soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Uraian nomor 3 s/d 4.

Soal No. 3-4 Ayo Kita Berlatih 1.4 Uraian

Jawaban Soal Matematika Uraian Ayo Kita Berlatih 1.4 No. 3-4

Jawaban dari pertanyaan soal matematika di atas adalah sebagai berikut.

Pembahasan:

Soal No. 3 Uraian Ayo Kita Berlatih 1.4

Lingkari “Ya” atau “Tidak” untuk setiap pernyataan berikut ini (pada gambar) berdasarkan keterangan di atas.
Cara Mengerjakan

1) YA

2) TIDAK

3) TIDAK

4) YA

Amalia memiliki tinggi 160 cm. Saat ini berat badannya adalah 60 kg. Agar mencapai berat badan ideal, ia ingin menurunkan nilai IMT-nya menjadi 20. Berapa kg ia harus menurunkan berat badannya? Jelaskan.

Jawaban:

160 cm = 1,6 m

1,6 dikali 1,6 = 2,56

20 dikali 2,56 = 51,2 kg

60 kg - 51,2 kg = 8,8

Jadi supaya Amalia mencapai berat badan ideal maka Amalia harus menurunkan berat badannya hingga 51,2 kg.

Soal No. 4 Uraian Ayo Kita Berlatih 1.4

Kohar adalah orang Indonesia dengan tinggi badan 170 cm. Jika b menyatakan berat badan Kohar dalam kg, manakah dari rentang berikut yang diperbolehkan supaya IMT-nya berada dalam kategori normal? (Lingkari salah satu jawaban)

a. 45,5 ≤ b ≤ 52,4

b. 53,5 ≤ b ≤ 66,2

c. 66,5 ≤ b ≤ 69,5

d. 69,5 ≤ b ≤ 74,2

Cara Mengerjakan

Berat badan ideal seseorang jika memiliki indeks masa tubuh (IMT) bernilai antara 18,5 sampai 22,9 atau 18,5<IMT<22,9.

Rumus mencari IMT adalah sebagai berikut.

$$IMT = \frac{b}{t^2}$$

Karena tinggi Kohar = 170 cm maka t = 1,7 m.

Jika kita misalkan berat tubuh Kohar = b kg

Agar tubuh Kohar memiliki nilai IMT yang normal, maka harus memenuhi:

$$\begin{align} IMT &= \frac{b}{t^2} \\ &= \frac{b}{(1,7)^2} \\ &= \frac{b}{2,89} \end{align}$$

Karena nilai IMT normal adalah 18,5 < IMT< 22,9, maka:

18,5 < b/2,89 <22,9.

53,5 < b < 66,2

Jadi, Pilihan yang tepat adalah B

Demikianlah jawaban dan pembahasan soal Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1, semoga bermanfaat.

Selanjutnya Ayo Kita Berlatih 1.5 Matematika Kelas 7 Semester 1

Posting Komentar untuk "Ayo Kita Berlatih 1.4 Matematika Kelas 7 Semester 1 Soal Membandingkan Bilangan Pecahan dan Jawabannya"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇