Belajar Matematika Online

Iklan Baris Pencarian

Prev

Next

Rahasia Trik Perkalian


close
Assalamu'alaikum sahabat muslim pengunjung blog Matematika Ku Bisa ini. Seperti biasa memulai aktivitas nge-blog pada kesempatan ini, akan membahas rahasia trik perkalian. Rahasia trik perkalian yang akan dibahas pada tulisan ini adalah perkalian angka dengan lima, perkalian angka dengan sepuluh, dan pengkuadratan angka yang digit terakhirnya adalah 5. Meskipun hanya melalui browser mobile tak membuat saya beralasan untuk memberhentikan kegiatan ini. Mulai menulis dengan tulisan yang sederhana dan berharap dapat bermanfaat bagi pengunjung blog ini. Okay, langsung saja ke pembahasannya ya. 

Rahasia trik perkalian yang dimaksudkan di sini adalah menunjukkan bagaimana logika berpikir yang benar tentang tik perkalian tersebut. Mari kita mulai membahas perkalian angka dengan lima. Perhatikanlah contoh berikut ini! 
8 dikali 5 berapa? 
Menurut hasil penghapalan kita di sekolah dasar, konsep logika berpikir yang benar tentang perkalian bilangan bulat dengan bilangan bulat adalah penjumlahan berulang, sehingga 8 dikali 5 berarti kita menjumlakan 8 sebanyak 5 kali yaitu: 8+8+8+8+8=40 Jadi jawabannya 8 dikali 5 adalah 40. 

Bagaimana dengan menggunakan trik? Trik sebenarnya digunakan untuk memudahkan kita dalam berhitung. Jika menggunakan trik, untuk menyelesaikan 8 dikali 5 caranya adalah 8 dibagi 2 sama dengan 4. Jadi, hasil 8 dikali 5 adalah 40. Mudah kan? Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena dengan logika berpikir yang benar, 8 dikali 5 sama artinya dengan 8 dikali (10 : 2) atau 8 dibagi 2 kemudian dikali 10. Jadi 8 dikali 5 sama dengan 40. 

Mungkin ada yang bertanya mengapa harus menggunakan trik atau mengetahui logika berhitungnya sementara sudah jelas bahwa 8 dikali lima itu 40? Maka kami jawab, mengetahui bagaimana sesuatu itu terjadi jauh lebih mencerahkan daripada sekedar menghapal dan juga cara terbaik untuk menghapal rumus adalah memahaminya. Selanjutnya ada juga yang tanya, bagaimana jika bilangan yang dikali dengan 5 bukan bilangan genap karena tidak habis dibagi dua? Maka kami tanggapi, Silahkan perhatikan dulu contoh di bawah ini. 
7 dikali 5 berapa? 
Ya tentu 35 lah.  Caranya, 7 dibagi 2 hasil yang mendekati adalah 3, jadi hasil 7 dikali 5 adalah 35. Bagaimana caranya, silahkan renungkan dari penjelasan sebelumnya. Hehe 

Sekarang kita tarik kesimpulan dari Trik Perkalian dengan 5 yaitu trik yang memanfaatkan kemudahan pembagian dengan 2 dan perkalian dengan 10. Berikutnya, akan dibahas bagimana kemudahan perkalian angka dengan 10 atau kelipatannya. 

Trik Perkalian dengan 10 atau kelipatannya dilakukan dengan hanya menambahkan angka 0 sebanyak angka nol yang ada. Contoh 121 dikali 100 samadengan 12100. Logika berpikir yang benar dari trik ini adalah kita menambahkan 100 sebanyak 121 kali hasilnya adalah 12100. Itulah kemudahan dengan perkalian angka 10 atau kelipatannya sehingga dikatakan trik. Seperti yang saya katakan Trik hanyalah untuk memudahkan, tetapi mempunyai logika berfikir yang benar. 

Yang terakhir adalah trik Penguadratan Bilangan Yang Berakhir dengan 5 caranya perhatikan saja contoh di bawah ini. 

$15^2$ berapa? 
Penyelesaian: 1 dikali 2 = 2; Jadi $15^2=225$ 

$25^2$ berapa? 
Penyelesaian: 2 dikali 3 = 6; Jadi $25^2=625$ 

$35^2$ berapa? 
Penyelesaian: 3 dikali 4 =12; Jadi $35^2=1225$ 

Sudah tahu triknya? Kita tinggal mengalikan angka yang berada sebelum angka 5 dengan angka urutannya . Bagaimana logika berhitungnya? Silahkan beri komentarnya! Demikianlah tulisan ini, sebelum berakhir, kesimpulan yang dapat ditarik dari penjelasan di atas adalah setiap trik perkalian memiliki alasan mengapa hal itu dapat terjadi, mengetahuinya jauh lebih mencerahkan dan menyenangkan. Sekian dulu ya!
"Cari Artikel/Blog Admin Matematika Lainnya"
Perhatian: Mau pasang iklan disini? Chat Via WA 082349165919
MY IKLAN
Buku Metode Berhitung Alif
Pesan Di Sini
atau lihat dan dapatkan ebooknya di Google Play Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design
Kirim Pesan atau Soal
×
_

Hai, Kamu bisa kirim pesan atau PR Matematikamu ke Admin, di sini! Jangan lupa like halaman admin ya, terima kasih!