Contoh Soal Cerita Luas Juring Lingkaran

Pada tulisan sebelumnya, kita sudah membahas Contoh Soal Cerita Panjang Busur Lingkaran. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas Contoh Soal Cerita Luas Juring Lingkaran. Perlu diketahui bahwa untuk menentukan luas juring AOB di bawah ini harus diketahui panjang busur AB atau besar sudut AOB beserta panjang jari-jari lingkarannya.
JURING
$$\frac{∠ AOB}{360°} = \frac{Panjang \ Busur \ AB}{Keliling \ Lingkaran} = \frac{Luas \ Juring AOB}{Luas \ Lingkaran} $$
Setelah kita mengetahui hubungan antara sudut pusat, panjang busur, dan luas juring sebagaimana di atas, maka kita cari dalam dunia nyata atau dalam kehidupan sehari-hari penerapan dari hubungan tersebut. Misalnya sebagai berikut.

Pak Amin ingin membuat kue dodol yang banyak sehingga harus menyediakan kuali dan penggaruk yang besar. Dia ingin membuat penggaruk seperti pada gambar berikut ini.
juring 2
Jika diketahui panjang OA=OB=7 cm dan panjang busur AB=7 cm maka berapakah luas dari mata penggaruk tersebut?

Jawaban dari soal tersebut adalah sebagai berikut.

Diketahui: r=7 cm dan panjang busur AB = 7cm
Ditanyakan: Luas juring AOB
Jawab:

$\begin{align} Keliling \ lingkaran &= 2 \pi r \\ &= 2 × \frac{22}{7} × 7 \\ &= 44 \end{align}$

$\begin{align} Luas \ lingkaran &=  \pi r^2 \\ &=  \frac{22}{7} × 7^2 \\ &= 154 \end{align}$

$$\begin{align} Luas \  juring \ AOB &= \frac{Panjang \ Busur \ AB}{Keliling \ Lingkaran} × Luas \ Lingkaran \\ &=  \frac{7}{44} × 154 \\ &= \frac{7}{22} × 77 \\ &= \frac{539}{22} \\ &= 24,5  \end{align}$$

Jadi, luas dari mata penggaruk tersebut adalah $24,5 \ cm^2$

Demikian postingan singkat kami yang berjudul Contoh Soal Cerita Luas Juring Lingkaran. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya!

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cerita Luas Juring Lingkaran"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇