Belajar Matematika Online

Penggunaan Jari dalam Berhitung



Pada tulisan sebelumnya mengenai Jarimatika 99 telah dijelaskan mengapa menggunakan istilah tersebut. Pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan jari dalam berhitung dengan judul Penggunaan Jari dalam Berhitung dari 1 sampai 99. Perhatikan dua gambar berikut ini!


Pada gambar tersebut ditunjukkan bahwa tangan kanan mewakili bilangan dari 1 sampai 9 atau bilangan satuan sedangkan tangan kiri mewakili puluhan. Misalnya, bilangan 11 ditunjukkan dengan membuka jari telunjuk kiri dan jari telunjuk kanan, bilangan 12 ditunjukkan dengan membuka jari telunjuk kiri sedangkan pada tangan kanan membuka telunjuk dan jari tengah, begitu seterusnya. Sehingga pada kenyataannya 5 jari pada tangan kiri dan 5 jari pada tangan kanan menyatakan angka 99. Inilah yang saya maksud sebagai Jarimatika 99.

Perhitungan dengan jari ini hanya berlaku untuk penjumlahan, pengurangan dan perkalian sedangkan untuk pembagian hanya bentuk kebalikan dari perkalian saja. Operasi dasar ini disebut sebagai Operasi Dasar Matematika atau Anda bisa membaca Aritmatika Dasar.

Pentingnya menguasai logika, konsep, dan prinsip operasi adalah syarat awal bagi Anda untuk mempelajari bidang matematika lainnya. Seperti yang diungkapkan Gauss yang dijuluki sebagai Kalkulator Berjalan dan Pangeran Matematika mengatakan "Matematika adalah ratu ilmu pengetahuan dan Aritmatika adalah ratunya matematika". Jadi memahami logika perhitungan sangat esensial untuk menunjang bidang matematika lainnya.

Bagi sebagian orang menganggap bahwa berhitung Mental Aritmatika itu tidak berarti di dunia modern saat ini. Penggunaan kalkulator dan komputer kenyataannya membuat otak manusia jarang digunakan. Untuk itu perlunya pemberdayaan otak kanan dan otak kiri melalui perhitungan kreatif seperti Jarimatika ini. Pada perhitungan dengan menggunakan jari, anak dituntut untuk berimajinasi, analisa, berfikir logika dan membutuhkan daya ingat. Sebagaimana Manfaat Mental Aritmatika yang dibahas dalam tulisan Manfaat Belajar Mental Aritmatika nampaknya akan menarik anda untuk belajar atau mengajarkan kepada anak usia dini demi menumbuhkembangkan daya imajinasi dan logika berfikir yang benar dan analisis.

Pada pendidikan aritmatika, anak diajarkan berhitung dengan menggunakan jari dan kemudian pada tahap selanjutnya tidak perluh harus memperagakan jika seorang anak tersebut telah mampu berhitung dalam kepala. Jika anak telah mampu berhitung bilangan dari 1 sampai 99 maka untuk berhitung selanjutnya dengan menggunakan angka ratusan, ribuan dan jutaan tidak lagi menjadi persoalan.

Bagaimana, anda tertarik? Jangan beranjak dulu, luangkan waktu anda untuk membaca Penjumlahan dan Pengurangan dengan Jari. Terimahkasi!
Perhatian: Mau pasang iklan disini? Chat Via WA 082349165919
MY IKLAN
Buku Metode Berhitung Alif
Pesan Di Sini
atau lihat dan dapatkan ebooknya di Google Play Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design
Kirim Pesan atau Soal
×
_

Hai, Kamu bisa kirim pesan atau PR Matematikamu ke Admin, di sini! Jangan lupa like halaman admin ya, terima kasih!