Jarimatika 99

Apa itu Aritmatika? Aritmatika adalah cabang matematika yang mempelajari operasi bilangan, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Jarimatika adalah cabang berhitung matematika dengan menggunakan jari-jari tangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Jarimatika 99 ialah berhitung dengan menggunakan jari dari 1 sampai 99.

Sebagai ketetapan Allah menciptakan 10 jari tangan dan 10 jari kaki tidak lain terdapat suatu hikmah atau pelajaran padanya karena Allah menciptakan tak ada yang sia-sia. Dengan jari-jari tersebut memudahkan manusia dalam melakukan perhitungan. 


Untuk meyakinkan penetapan konsep ini, coba anda perhatikan dengan baik garis-garis yang terbentuk pada kedua telapak tangan anda. Anda akan melihat tulisan angka arab 18 pada telapak tangan kanan dan angka arab 81 pada telapak tangan kiri. Jika anda menyodorkan tangan anda ke depan seakan-akan melakukan gerakan mengangkat tangan ketika akan takbiratur ihram (gerakan dalam solat) maka nampak bilangan 99. 9 pada tangan kanan dibentuk dari 1+8=9 sedangkan 9 pada tangan kiri dibentuk dari 8+1=9. 

Istilah penamaan untuk Jarimatika 99 telah dikembangkan di Malysia dengan istilah Metode AHA yang diajarkan kepada anak-anak usia dini. Beda hal dengan negara Singapura mengembangkan Pendidikan Aritmatika Anak menggunakan sempoa. Metode Aha dan sempoa tersebut dikenal dengan Mental Aritmatika. Apa manfaat Mental Aritmatika ? Manfaat Belajar Mental Aritmatika salah satunya adalah membantu meningkatkan daya ingat seorang anak.

Dengan demikian mengajarkan anak tentang ilmu hitung bilangan dengan menggunakan jari dapat membantu anak dalam berhitung mudah dan cepat. Ada hikmah dari sekian banyak hikmah yang kita tidak ketahui dari jari tangan manusia yang terdiri dari 10 jari, 5 jari pada tangan kanan dan 5 jari pada tangan kiri dengan menggunakan pendekatan matematika.

Posting Komentar untuk "Jarimatika 99"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇