4 Kesalahan Langkah dalam Belajar Matematika

Kesalahan langkah, what it is? Banyak orang yang gagal mencapai tujuan diakibatkan kesalahan-kesalahan dalam melangkah. Langkah-langkah ini adalah usaha yang berupa strategi untuk mencapai tujuan. Misalkan kita mengetahui langkah-langkah dalam memutuskan kabel-kabel yang ada dalam bom rakitan, coba bayangkan jika Anda salah memutuskan kabel! Saya tidak perlu tahu dan harus membayangkan hal itu terjadi. Tak terkecuali dalam proses belajar matematika, banyak orang yang gagal karena terhalang oleh empat kesalahan-kesalahan langkah berikut ini.

Gambar yang menampilkan prosedur yang tampak bagus tapi salah konsep karena rumus Sn hanya berlaku pada deret aritmatika

1. Kesalahan langkah dasar

Jika Anda salah pada langkah ini berarti Anda telah merusak seluruh sistem yang ada. Mengapa hal itu terjadi, karena anda mengalami kesalahan pada:

a. Kesalahan fakta
b. Kesalahan konsep
c. Kesalahan prinsip
d. Kesalahan prosedural

Mudah untuk dibayangkan betapa sulitnya seseorang untuk belajar matematika kalau ia sering mengalami kesalahan-kesalahan di atas.

2. Menggunakan metode tradisional

Tidak dapat dipungkiri kelemahan metode tradisional. Pengalaman kita selama mempelajari matematika, metode yang dipergunakan masih tradisional dan tidak didaktis. Metode yang dipakai sejak dulu, misalnya metode ceramah yang berakibat motivasi yang didaktis tidak diberikan karena kita hanya menerima teori dari guru dan kita tidak dilibatkan untuk aktif.

3. Kehilangan keberanian

Kata bijak mengatakan "Don't let one failure discourage you" maksudnya jangan sampai kita kehilangan keberanian hanya karena satu kesalahan saja. Keberanian yang dimaksud adalah keberanian untuk maju dan berhasil. Rasa was-was tidak boleh menjadi rintangan untuk maju dan berkembang. Ubahlah rintangan itu menjadi tantangan! 

4. Kesalahan metode belajar

Metode belajar yang baik adalah metodenya sendiri. Artinya, pembelajar itu punya pengalaman yang berbeda bagaimana cara belajar yang baik dan efektif serta efisien.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Kesalahan Langkah dalam Belajar Matematika"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Harga Promo Rp.85000 (Rp. 100.000)
KLIK DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!