Rumus Uji F Statistik Parametrik

Uji F merupakan salah satu uji hipotesis penelitian yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji F termasuk dalam uji statistik paramatrik.

Promo Shopee

Adapun satu dari tiga hipotesis yang admin uji dalam penelitian adalah:

$H_0$: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemahaman konsep limit dan turunan fungsi terhadap hasil belajar integral substitusi siswa kelas XII IPA SMAN 1 Wawotobi.

$H_1$: Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pemahaman konsep limit dan turunan fungsi terhadap hasil belajar integral substitusi siswa kelas XII IPA SMAN 1 Wawotobi.

Hipotesis statistik:

$H_0:  β=0$

$H_1:  β≠0$

Untuk menguji hipotesis di atas, gunakan uji-F dengan rumus:

$F_{hitung}= \frac{(R_{X_1,X_2,Y})^2 (n-m-1)}{m(1- R ^2 _{X_1,X_2,Y})  }$

Apabila F hitung > F tabel maka $H_0$ ditolak dan jika F hitung  ≤ F tabel maka $H_0$ diterima. Nilai $F_{tabel}=F_{(α)(dka, dkb )}$ dapat dicari dengan menggunakan tabel F dengan dka=jumlah variabel bebas dan dbk=n-m-1. 

Demikian postingan kami tentang Rumus Uji F Statistik 

Sumber kutipan: Batauga, Fredi. “Pengaruh Pemahaman Konsep Limit dan Turunan Fungsi terhadap Hasil Belajar Integral Substitusi Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Wawotobi”. Skripsi. Unaaha: Universitas Lakidende.

Posting Komentar untuk "Rumus Uji F Statistik Parametrik"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇