Cara menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat jika diketahui titik puncaknya

Telah kita ketahui bersama bahwa bentuk umum fungsi kuadrat adalah $y=ax^2+bx+c$ dimana $a \neq 0$ dan untuk menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat jika diketahui titik puncaknya maka gunakam rumus sebagai berikut.
$y=a(x-p)^2+q$ dimana $(p, q)$ merupakan titik puncak grafik fungsi kuadrat tersebut.
Agar diketahui nilai $a$ dari rumus tersebut maka minimal diketahui sebuah titik yang lain (selain titik puncak) yang dilalui oleh grafik fungsi kuadrat tersebut, kemudian disubstitusikan ke persamaan grafik fungsi dari rumus di atas sehingga diperoleh nilai a. Berikut ini adalah contoh soal yang diambil dari soal UN Matematika SMA/MA program studi IPS paket 3317 tahun 2017 nomor 1.
titik puncak
Pada soal tersebut, sebagaimana tampak pada gambar di atas, diketahui titik puncak grafik fungsi kuadrat adalah (-1, 8) dan memotong sumbu-Y pada titik (0,6) dan yang ditanyakan apa persamaan grafik fungsi kuadrat tersebut. Untuk menjawab soal tersebut, gunakan tiga langkah berikut ini.
  • Pertama
Karena diketahui titik puncak grafik fungsi kuadrat adalah (-1, 8) maka persamaan grafik fungsinya adalah:
$\begin{align} y &=a(x-p)^2+q  \\ \Leftrightarrow y &= a(x-(-1))^2+8 \\ \Leftrightarrow y &= a(x+1))^2+8 \\ \Leftrightarrow y &= a(x^2+2x+1)+8 \end{align}$
  • Kedua
Karena grafik fungsi kuadrat tersebut melalui (0,6), maka
$\begin{align} y &= a(x^2+2x+1)+8 \\ \Leftrightarrow 6 &= a(0^2+2(0)+1)+8 \\ \Leftrightarrow 6 &= a(1)+8 \\  \Leftrightarrow 6-8 &= a \\ \Leftrightarrow a &= –2 \end{align}$
  • Ketiga
Masukkan nilai $a=-2$ ke $y= a(x^2+2x+1)+8$, sehingga kita perolah persamaan grafik fungsi yang dimaksud:
$\begin{align} y &= a(x^2+2x+1)+8 \\ y &= -2(x^2+2x+1)+8 \\  y &= -2x^2-4x-2+8 \\ y &= -2x^2-4x+6  \end{align}$
Jadi, persamaan grafik fungsi kuadrat yang memiliki titik puncak $(-1,8)$ dan memotong sumbu-Y pada titik (0,6) adalah $y = -2x^2-4x+6$.
Demikian postingan singkat kami mengenai menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat jika diketahui titik puncaknya serta melalui sebuah titik. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya!

Soal Latihan:
soal dua titik
Tentukan persamaan grafik fungsi dari gambar di atas!

Posting Komentar untuk "Cara menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat jika diketahui titik puncaknya"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇