Cara Menentukan Mean, Median, Modus Data Tunggal dan Data Bergolong

Data dapat dikelompokkan dengan beberapa kategori. Data ada yang berupa kata-kata dan ada yang berupa angka. Data yang berupa kata-kata disebut data kualitatif, sedangkan data yang berupa angka disebut data kuantitatif. Data kualitataif dapat berupa data nominal, misalnya jenis kelamin, tempat tinggal, dsb. dan dapat berupa data ordinal misalnya tentang kepuasan pelanggan yang dibagi menjadi sangat puas, puas, dst. Adapun data yang dibahas di sini adalah data yang berupa angka atau data kuantitatif.

Data berupa angka dapat berupa data interval misalnya berat badan antara 50-60 kg. Data berupa angka juga dapat berupa data rasio, yaitu angka dalam arti yang sebenarnya dan mutlak. Misalnya, jumlah siswa yang terdapat di kelas, panjang sebuah objek, dsb.

Pembahasan kita kali ini mengenai cara menentukan mean, median, dan modus, baik data tunggal maupun data bergolong. Data tunggal yang dimaksud di sini berupa data rasio sedangkan data bergolong yang dimaksud adalah data berupa interval. Jadi, untuk menghitung mean (nilai rata-rata), median (nilai tengah), dan modus (nilai yang sering muncul) menggunakan rumus sendiri-sendiri.

1. Menentukan Mean

Mean (rataan) dari suatu data adalah perbandingan jumlah semua nilai datum dengan banyak datum. (datum merupakan bentuk tunggal dari kata data atau data merupakan bentuk jamak dari kata datum)

a. Data Tunggal

Jika suatu data terdiri atas nilai-nilai $x_1$, $x_2$, $x_3$, ..., $x_n $; maka nilai rata-rata dari data tersebut ditentukan dengan rumus:
$ \overline{x} = \frac{x_1+x_2+x_3+...+x_n}{n}$
atau 
Contoh Soal:

b. Data Bergolong

Nilai rata-rata data bergolong atau data berkelompok dapat ditentukan dengan rumus:
  • $f_i$ menyatakan frekuensi atau banyak data yang berada pada kelas ke-i.
  • $x_i$ menyatakan nilai tengah kelas ke-i dan r menyatakan banyaknya kelas.

Contoh Soal:

Bersambung....

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Mean, Median, Modus Data Tunggal dan Data Bergolong"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇