Belajar Matematika Online

Puisiku adalah Matematika

Marilah kita membahas apa maksud dari "puisiku matematika" yang kami jadikan sebagai judul dari blog ini dan apakah bisa menjadikan matematika sebagai bahasa yang puitis?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu apa itu puisi dan bagaimana bisa matematika dijadikan bahasa yang puitis.

Pengertian Puisi

Puisi adalah sebuah seni tertulis. Dalam bentuk seni ini, seorang penyair menggunakan bahasa untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis. (Wikipedia)

Komentar: Dari pernyataan itu, puisi itu seni menulis kata-kata yang memiliki nilai keindahan tetapi ada makna yang tersampaikan.

Puisi adalah gubahan bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran akan pengalaman membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus. (Balai Pustaka)

Komentar: Kita bisa melihat adanya pengaturan dalam memilih kata-kata sehingga menghasilkan bunyi, irama dan makna khusus.

Puisi menurut bahasa berasal dari kata dalam bahasa Yunani Kuno yaitu poieo atau pocima. Dalam bahasa Inggris kata tersebut dapat diartikan I create atau aku membuat. Secara singkat definisi puisi adalah seni tertulis yang dibuat oleh manusia.

Pengertian Matematika sebagai Bahasa

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa matematika adalah bahasa.

Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa simbol mengenai ide daripada bunyi (Rising, 1972).

Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat (Kline, 1973).

Matematika adalah pola pikir, terorganisir, bukti logis, matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat representasi dari simbol dan padat, lebih bahasa simbol dari sebuah ide daripada kedengarannya (James dan James, 1976)

Matematika adalah sebuah makalah penelitian tentang pola dan hubungan, jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa dan alat-alat (Reys dkk., 1984).

Matematika adalah disiplin pemikiran dan prosedur pengolahan logika, baik secara kuantitatif maupun kualitatif (Suherman, 2003)

Komentar:
  • Dari beberapa pengertian matematika di atas dapat disimpulkan bahwa matematika adalah bahasa yang memiliki nilai kebenaran yang logis. Tidak menekankan keindahan pada kata-katanya saja melainkan pada nilai kebenaran dari kata-kata yang membentuk pernyataan.
  • Matematika adalah bangunan, mempunyai landasan yang dikenal dengan landasan matematika. Dalam membangun matematika digunakan bahasa yang merupakan kumpulan pernyataan-pernyataan yang benar.

Oleh karena itu, matematika dapat dipuisikan meskipun matematika telah memiliki keindahannya sendiri yang terletak pada kumpulan-kumpulan pernyataan yang memiliki makna. Tetapi, kesulitannya adalah bagaimana memilih kata-kata yang ada pada matematika, untuk dijelaskan dengan makna yang puitis dan ditulis seperti tata cara menulis puisi ataukah hanya bisa memakai istilah dalam matematika untuk digunakan dalam mengungkapkan pesan yang ingin disampaikan penulis melalui puisinya?


Bagaimana tanggapan kalian? Tulisan ini hanyalah tulisan yang subjektif, berdasarkan pandangan penulis sendiri.

Berlangganan Update Artikel Terbaru via Email:

No comments:

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design