Hubungan Antar Sudut

Sebelumnya, telah dibahas konsep sudut, penamaan sudut, cara menentukan besar sudut yang dibentuk oleh jarum pada jam, serta jenis-jenis sudut pada tulisan Mengenal Sudut.

Berdasarkan besar sudut, sudut dikelompokkan menjadi sudut Siku-Siku (ukuran sudutnya 90°), Sudut Lancip (ukuran sudutnya antara 0° dan 90°), Sudut Tumpul (ukuran sudutnya antara 90° dan 180°), Sudut Lurus (ukuran sudutnya 180°), Sudut Reflek (ukuran sudutnya antara 180° dan 360°).

Ada tiga hubungan antar sudut, yaitu sebagai berikut.
  1. Sudut x° dan y° dikatakan saling berpelurus apabila x°+y°=180°.
  2. Sudut x° dan y° dikatakan saling berpenyiku apabila x°+y°=90°.
  3. Jika dua sudut x° dan y° saling bertolak belakang maka x°=y°.
Hubungan Sudut-Sudut pada Dua Garis Sejajar

Silahkan perhatikan gambar berikut ini yang memperlihatkan macam-macam sudut-sudut pada dua garis sejajar yang dipotong oleh garis ketiga hingga terbenguk sudut-sudut tersebut. Perhatikan dan ketahui mana sudut-sudut luar, sudut-sudut dalam, sudut dalam berseberangan, sudut-sudut luar berseberangan, sudut dalam sepihak dan sudut-sudut sehadap.


Sudut yang Sama Besar
  • Perhatikan $\angle$ 1 dan $\angle$ 3 saling bertolak belakang, maka besar $\angle 1 = \angle 3$. Begitu juga sudut 2 dengan 4, sudut 5 dengan 7, dan sudut 6 dengan 8 adalah sudut-sudut yang saling bertolak belakang, sehingga masing-masing memiliki besar yang sama.
  • Sudut-sudut yang memiliki besar yang sama selanjutnya adalah sudut-sudut dalam berseberangan, sudut luar berseberangan, dan sudut-sudut yang sehadap.
Sedangkan yang selain dari itu merupakan sudut-sudut yang saling berpelurus, yaitu sudut-sudut dalam sepihak, sudut 1 dengan 2, sudut 1 dengan 6, sudut 1 dengan 8, dsb.

Demikian penjelasan ringkas dari Hubungan Antar Sudut. Semoga materi ini bisa dipahami, jika ada pertanyaan, silahkan untuk mengajukan pertanyaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hubungan Antar Sudut"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


KEPOIN DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!