Materi Segiempat dan Segitiga Kelas 7

Di bab sebelumnya, kita telah membahas Materi Garis dan Sudut Kelas 7 yang merupakan materi pra syarat dalam mempelajari materi-materi Segiempat dan Segitiga berikut ini.
  1. Mengenal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga
  2. Memahami Jenis dan Sifat Segiempat
  3. Memahami Keliling dan Luas Segiempat
  4. Memahami Jenis dan Sifat Segitiga
  5. Memahami Keliling dan Luas Segitiga
  6. Memahami Garis-garis Istimewa pada Segitiga
  7. Menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan
Kompetensi dasar yang diinginkan dari materi ini adalah:
  • Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
  • Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga.
Sedangkan tujuan pembelajaran kita adalah Mengenal Segiempat dan Segitiga, menghitung keliling dan luas kedua jenis bangun datar tersebut beserta penerapannya dalam menyelesaikan masalah. Pada tulisan ini, kita akan memulai dengan pembahasan Mengenal Bangun Datar Segiempat dan Segitiga berikut ini.

Segitiga terbentuk karena adanya tiga garis pada suatu bidang datar dimana ketiga garis tersebut saling berpotongan pada tiga titik. Misalkan, tiga titik itu adalah titik A, B, dan C, dan tiga ruas garis yang berpotongan di titik-titik itu adalah ruas garis AB, BC, dan AC. Bangun yang terbentuk dari tiga ruas garis tersebut, kita sebut sebagai bangun segitiga ABC ditulis dengan $\triangle ABC$ dimana titik A, B, C kita sebut dengan titik sudut segitiga, sedangkan ruas garis AB, BC, dan AC disebut dengan sisi-sisi segitiga.  

 ☝Dengan mengetahui unsur-unsur yang ada pada segitiga, yaitu titik sudut dan sisi segitiga maka nantinya kita akan membagi macam-macam atau jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut dan panjang sisinya.

Segiempat terbentuk karena adanya empat garis pada suatu bidang datar dimana keempat garis tersebut saling berpotongan pada empat titik. Misalkan, empat titik itu adalah titik A, B, C dan D sehingga diketahui empat ruas garis, yaitu ruas garis AB, BC, CD dan ruas garis AD. Adanya empat ruas garis tersebut maka terbentuk bangun segiempat ABCD.

☝Dengan mengetahui unsur-unsur segiempat tersebut, juga nantinya kita akan membagi macam-macam atau jenis-jenis segiempat dengan memperhatikan sudut dan sisi-sisinya. 

Perhatikan peta konsep berikut ini!


Berdasarkan peta konsep di atas, maka Belajar Materi Segiempat dan Segitiga Kelas 7 kita adalah mampu:
  1. Mengenal Segitiga dan Segiempat, yaitu mampu menyebutkan pengertiannya, unsur-unsurnya, sifat-sifatnya, dan jenis-jenisnya.
  2. Mampu menentukan besaran-besaran yang ada pada Segitiga dan Segiempat seperti besar sudut, panjang ruas garis, sisi, keliling dan luas.
  3. Mampu menerapkan dalam penyelesaian masalah.
Oke sekian dulu ya, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Segiempat dan Segitiga Kelas 7"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


KEPOIN DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!