Panduan Menjadi Blogger Matematika

Ingin membuat blog matematika tetapi bingung cara membuatnya? Jika ia, Anda berada di halaman yang tepat.

Bagi Anda guru atau lulusan mahasiswa pendidikan matematika, bisa mengikuti panduan singkat ini, "Panduan Menjadi Blogger Matematika".

1. Miliki Votivasi Membuat Blog

Sebelum membuat blog, Anda harus mengetahui apa pentingnya membuat blog dan mengapa Anda harus membuatnya.

Bagi Anda mahasiswa pendidikan matematika yang akan memasuki dunia kerja. Tidak mudah bagi Anda untuk dapat pekerjaan menjadi seorang guru atau pengajar matematika.

Misalnya menjadi guru PNS matematika.

Padahal, setiap tahun lulusan pendidikan bertambah lebih cepat daripada lapangan kerjanya. Akibatnya, setelah lulus, Anda mungkin harus memilih bekerja tidak sesuai ijazah.

Dan blog merupakan salah satu cara bagi Anda mendapatkan uang dengan blog matematika yang Anda buat.

Alasan lain mengapa Anda harus membuat blog.

  1. Menghilangkan Anggapan Buruk. Dengan menjadi blogger, Anda masih bisa mengajarkan ilmu matematika, artinya Anda masih punya motivasi belajar matematika dan mengajarkannya.
  2. Melatih Kemampuan Menulis
    • Bagi pengajar, baik matematika ataupun yang lain, harus punya keterampilan menulis.
    • Bagi mahasiswa, bisa dijadikan latihan menulis yang akan berguna nantinya ketika menyusun skripsi.
  3. Membangun Reputasi. Dengan membuat blog, Anda bisa membangun personal branding. Orang yangg sudah terkenal, itu mudah dipercaya. Sedangkan yang tidak terkenal harus membangun personal branding, salah satu caranya adalah dengan membuat blog.
  4. Penghasilan Sampingan. Ya, ini yang banyak dijadikan tujuan, buat blog hanya agar bisa menghasilkan uang. Tapi, jangan jadikan ini sebagai fokus utama.
  5. Bermanfaat untuk Orang Lain. Fokus utama kita adalah menulis pengetahuan matematika yang kita miliki agar bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

Jika Anda sudah memiliki alasan yang kuat, silahkan buat blog dengan mempelajari Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru.

3. Bangun Blog Berkualitas

Bagi seorang guru atau mashasiswa pendidikan matematika, tidak diragukan lagi bahwa mereka telah memiliki pengetahuan yang memadai dalam matematika untuk membuat postingan di blog.

Namun, untuk menjadi blogger matematika, hal tersebut tidaklah cukup. Anda harus memiliki pengetahuan bagaimana cara membangun blog yang berkualitas.

Sebelum membuat blog, pikirkan apa-apa saja yang harus Anda tulis atau sediakan di blog Anda sebagai perencanaan awal Anda, yaitu menentukan topik utama tulisan Anda nantinya.

Apakah dengan topik utama blog Anda tersebut, Anda mampu mengembangkan tulisan dengan judul-judul yang berpotensi dikunjungi banyak orang.

Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu apakah blog yang Anda akan buat akan dicari oleh orang lain. Caranya dengan Mencari Kata Kunci Terbanyak di Google sesuai dengan topik blog Anda.

Misalnya, saya ingin membuat blog dengan topik utama bagaimana cara mengerjakan soal-soal matematika berdasarkan materi tertentu pada pelajaran matematika dasar hingga menengah atas.

Maka saya melakukan riset kata kunci apa yang sedang dicari, untuk menentukan judul postingan nantinya dengan mengetikkan "cara mengerjakan soal".

Setelah melihat hasilnya, saya pun menjadikan kata kunci pencarian tersebut sebagai judul postingan di blog dengan hanya sedikit perubahan.

Anda bisa melihat blog matematika yang saya buat dengan topik utama "jawaban soal matematika" di alamat Jawaban Soal Matematika.

Sebelumnya saya telah membuat blog "cara membuktikan", tapi karena topiknya terlalu sulit dan sedikitnya kata kuncinya, maka saya terpaksa harus memindahkan artikel-artikel dalam blog tersebut ke blog saya yang lain karena merasa akan sangat sulit untuk mengembangkannya

Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memikirkan apa topik utama blog Anda agar Anda bisa menentukan judul-judul postingan yang berkaitan.

Saya agak sedikit menyesal karena membuat blog campur-campur hingga kebingungan untuk membangun blog "Matematika Ku Bisa" dimana topiknya terlalu luas dengan hanya saya sendiri yang mengelolahnya.

4. Belajar dan Praktek secara Konsisten

Membuat blog itu gampang-gampang sulit. Akan banyak kendala yang akan Anda hadapi, baik dari dalam diri Anda ataupun dari luar Anda.

Dalam diri Anda, misalnya Anda akan mengalami kemalasan. Ini yang akan Anda hadapi nantinya. Makanya, sejak awal saya sampaikan bahwa Anda harus memiliki alasan yang kuat untuk membangun blog.

Anda harus punya motivasi baik dari dalam atau dari luar diri Anda, mengapa Anda memilih menjadi blogger agar Anda tidak berhenti di tengah jalan.

Anda harus terus belajar sambil praktek. Bagaimana teknisnya mengelolah blog. Karena mengelolah blog, bukan hanya persoalan posting artikel kemudian selesai.

Anda harus mengupayakan agar artikel blog Anda bisa dikunjungi oleh orang lain. Ibarat sebuah toko, jika tidak ada pengunjungnya maka akan sia-siasaja mendirikan tokonya yang akhirnya harus ditutup.

Toko yang baik adalah toko yang menjual barang-barang berharga yang dibutuhkan dan memiliki banyak pengunjung.

5. Share ke Media Sosial

Setelah membuat blog, maka langkah penting yang tidak boleh dilewatkan adalah "promosikan blog Anda".

Hal tersebut harus Anda lakukan. Apalagi bagi Anda yang memiliki akun sosial media yang memiliki daftar teman atau pengikut yang banyak.

Misalnya, pada profil akun media sosial yang Anda miliki, tambahkanlah alamat blog Anda.

Saya sarankan bagi Anda untuk membuat facebook page (halaman facebook) dengan menghubungkannya dengan situs blog yang Anda miliki.

Anda bisa menshare postingan-postingan baru Anda di halaman facebook yang Anda buat.

6. Pilih Target Pembaca

Anda juga perlu mengenali dengan baik siapa target pembaca Anda. Dilihat dari jenis kelamin, umur, perangkat browser yang digunakan, pekerjaan, minat, dsb.

Anda membuat blog untuk siapa? Apakah untuk siswa, orang tua, guru, orang tertentu atau umum.

Hal ini penting agar cara menyajikan pembahasannya tepat sasaran sehingga bisa memudahkan pembaca blog Anda dalam memahaminya.

Untuk mengetahui bagaimana karakteristik pengunjung Anda, bisa dengan memasang kode pixel facebook ke blog Anda. Caranya cukup mudah dan sudah banyak yang menulis artikelnya di internet.

7. Fokus Menulis Artikel yang Bermanfaat

Langkah ini adalah yang paling penting. Fokuslah memposting artikel yang kaya akan informasi atau pengetahuan.

Ketika pengunjung blog Anda membaca postingan Anda, ingin rasanya ia ingin berlangganan tulisan di blog Anda atau ia menyimpan alamat artikel Anda sehingga bisa dikunjungi lagi nanti.

Ia membagikan artikel Anda tanpa meminta mereka, itu artinya postingan Anda sangat menyenangkan untuk dibaca.

8. Pilih Template Blog Simple, Responsive, dan SEO Friendly

Ini juga penting, bagaimana membuat tampilan blog yang disukai pengunjung (Simple dan Responsive).

Dan disukai mesin pencari google (SEO Friendly).

Apakah tampilan blog Anda menarik, ringan dan cepat diakses, mudah digunakan, dan responsive (menyesuaikan dengan ukuran layar browser yang digunakan).

Karena hal tersebut menjadi penentu apakah pembaca mau membaca sampai selesai postingan Anda dan apakah ia mau membaca postingan yang lain.

Template Lajang Spot merupakan salah sati template yang Simple, Responsive, dan SEO Friendly yang bagus untuk blog pembelajaran matematika.

Saya juga menggunakan template tersebut pada blog Matematika Ku Bisa.

9. Pelajari Kode Latex

Ini adalah keterampilan yang harus Anda miliki.

Silahkan pelajari Cara Menulis Simbol, Rumus dan Persamaan di Blog.

Jika Anda ingin membuat latihan mengerjakan soal secara online di blogspot, silahkan pelajari  Cara Membuat Ujian Online di Blogspot.

10. Tentukan Sumber Pendapatan Blog Anda

Sumber pendapatan apapun yang Anda gunakan, tidak penting. Yang penting adalah traffic atau pengunjungnya karena tanpa pengunjung maka tidak ada penghasilan.

Berikut ini adalah 4 jenis sumber pendapatan blog diurutkan dari yang paling tinggi potensi keuntungannya ke yang paling rendah.

  1. Membuat produk dan jasa sendiri seperti buku, bimbel, dan sebagainya.
  2. Menjual produk orang lain di blog Anda.
  3. Publisher iklan.

Dari beberapa cara mendapatkan penghasilan melalui blog di atas. Anda mau pilih yang mana?

Kalau saya lebih tertarik membuat blog untuk jualan produk atau jasa. Misalnya menjual buku baik digital ataupun cetak.

Tapi di balik itu semua, menjadi blogger itu pekerjaan yang mulia.

Kita memberikan informasi yang berharga kepada orang lain secara gratis. Kita menolong banyak orang untuk memecahkan masalah dengan cara memberikan solusi.

Oleh karena itu, buatlah konten yang berkualitas dan pastikan isinya bermanfaat bagi orang lain, lalu kita promosikan dengan etis.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini, ada manfaatnya bagi Anda yang ingin menjadi blogger matematika.

1 komentar untuk "Panduan Menjadi Blogger Matematika"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇