Cara Menulis Latar Belakang Berdasarkan Judul

Pada dasarnya, judul penelitian diperoleh berangkat dari penelusuran Anda terhadap masalah yang ingin dipecahkan atau dicarikan jalan penyelesaiannya. Tentunya, masalah yang dipilih tersebut merupakan masalah yang mendesak, penting, atau bermanfaat untuk diteliti.

Tidak langsung memunculkan judul penelitiannya kemudian mencari masalahnya apa dari judul penelitian itu. Terkesan, mencari-cari masalah.

Yang benar adalah menemukan masalah-masalah, membatasi masalah yang ingin diteliti, merumuskan masalah dan menentukan judul penelitian yang baik dan tepat.

Misalkan ada masalah mengapa hasil belajar biologi rendah di suatu sekolah kemudian Anda mencari penyebabnya dengan mengamati proses pembelajarannya, mengamati cara mengajar gurunya dan cara belajar siswanya apakah sudah tepat atau tidak karena Anda merasa "masalah utamanya" adalah itu.

Tentunya Anda harus memiliki alasan mengatakan "ini yang bermasalah" kemudian Anda menduga kalau diterapkan "cara ini" akan mampu meningkatkan hasil belajar pada materi biologi tersebut. Maka dugaan Anda ini, perlu dibuktikan dengan melakukan penelitian.

Cara yang Anda sarankan itu, misalnya harus menggunakan model atau metode pembelajaran X. Tapi apakah ia berpengaruh terhadap hasil belajar biologi?

Anda kemudian ingin meneliti penelitian ini dengan merumusan masalah penelitiannya yaitu "Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran X terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi virus Kelas XI SMA Anu"

Maka dari rumusan masalah tersebut, judul penelitian yang sesuai adalah "Pengaruh Model Pembelajaran X terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Virus Kelas XI SMA Anu"

Atau dari arah sebaliknya, judul penelitiannya terlebih dahulu kemudian diturunkan rumusan masalah yang sesuai. Kemudian membuat latar belakangnya.

Dalam artian, Anda telah mengetahui masalahnya dan menentukan judul penelitian yang sesuai kemudian dari judul tersebut dibuat latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian, menentukan landasan teorinya, dan metodologi penelitiannya.

Sehingga dalam membuat latar belakang masalah itu sama dengan membuat latar belakang alasan diangkat dan ditelitinya judul penelitian tersebut.

Latar belakang masalah yang baik, mampu menjawab semua pertanyaan tentang judul, mengapa mengangkat judul penelitian tersebut.

Anda harus mampu menguraikan alasan mengapa Anda melakukan penelitian tersebut. Dari alasan umum ke alasan khusus, dari alasan banyak kemudian dipersempit atau dibatasi ke masalah penelitian yang menjadi alasan paling kuat.

Anda dalam berargumentasi tentunya harus mempunyai dasar baik dari hasil membaca buku (alasan teoritis), kemudian menghubungkannya dengan fakta dan data di lapangan (tempat penelitian) apakah sesuai ataukah tidak sehingga dihasilkan kesimpulan pentingnya melakukan penelitian dengan judul tersebut.

Masalah itu terjadi antara pernyataan dan kenyataan tidak sesuai, antara teori dan fakta tidak sejalan. Anda juga bisa membandingkan kondisi idealnya sedangkan realitanya seperti ini.

Cara membuat latar belakang masalah berdasarkan judul, contohnya telah saya tulis pada postingan Cara Menulis Latar Belakang Masalah dalam Proposal Penelitian. Silahkan dilihat dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menulis Latar Belakang Berdasarkan Judul"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Apakah Anda ingin PINTAR MATEMATIKA?  Ayo Belajar Matematika dari dasar! Baca Ebook Belajar Matematika dari Dasar.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mau jual Ebook di Google Play, tapi belum punya akun mitra google book? Baca Cara Daftar Mitra Google Buku yang Sementara Ditutup: Saya Berkali-kali Diterima Lho