Strategi Menerka dan Menguji Kembali

Dalam menyelesaikan suatu soal kadang-kadang kita menyelesaikan dengan cara tebak-tebakan jawaban, kalau salah coba lagi sampai kita menemukan jawaban yang tepat. Akan tetapi, tidak semua soal dapat diselesaikan dengan cara ini. Pada umumnya, strategi ini muncul secara naluri pertama kali berhadapan dengan soal karena menggunakan insting dalam menebak jawaban. Strategi ini adalah strategi pertama yang kita bahas dalam menyelesaikan soal-soal berstatus soal olimpiade Matematika yang disebut Strategi Menerka dan Menguji Kembali.

Misalnya ada soal, pada suatu rawa terdapat kambing dan bebek. Dari udara dapat dihitung jumlah kepala yaitu sebanyak 80 dan tikus dapat menghitug jumlah kaki sebanyak 246 kaki. Hitung masing-masing jumlah kambing dan bebek.

Langkah-Langkah Menyelesaikan Soal:
  1. Memahami soal yang diberikan
  2. Menetukan strategi
  3. Melakukan strategi
  4. Melihat kembali
1) Memahami soal

Karena strategi yang kita akan gunakan adalah Menerka dan Menguji Kembali, pahami soalnya terlebih dahulu. Perhatikan informasi yang diberikan bahwa terdapat 80 kepala dan 246 kaki. Kita harus menerka berapa jumlah kambing dan bebek jika kambing memiliki 4 kaki dan bebek 2 kaki. Jadi, terkaan kita berdasarkan jumlah kaki. Dapatkah kita menentukannya?

2) Melakukan Strategi

** Sebaiknya tebakan awal kita adalah 0 kambing atau 0 bebek karena kita ingin melihat berapa perbandingan yang harus kita tebak selanjutnya.
  • 0 kambing + 80 bebek=160 kaki (terlalu sedikit)
  • 80 kambing + 0 bebek=320 kaki (terlalu banyak)

** Bagaimana kalau bagi dua?

  • 40 kambing + 40 bebek=40.4+40.2=240 kaki (mendekati 246)

** Coba yang lain! Kita tinggal perhatikan tebakan sebelumnya yang mendekati.

  • 43 kambing + 37 bebek = 246 (yang dicari)


3) Melihat kembali

Jika semuanya kita anggap bebek, kita hanya mempunyai 160 kaki. Kaki yang diperlukan lagi adalah 86 kaki. 86 kaki ini kita pandang sebagai jumlah kaki kambing yang belum dihitung karena untuk setiap kambing dua kaki lainnya belum dihitung. Oleh karena itu sisa sebanyak 86 kaki berasal dari dua kaki kambing lainnya, sehingga jumlah kambing adalah 86/2=34 kambing, maka  80-34=37 adalah jumlah bebek.

Soal Latihan: Suatu tokoh sepeda (dua roda) dan becak (tiga roda) menerima 27 sadel dan 60 roda. Hitung jumlah sepeda dan becak!

Referensi: Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika, Wono Setya Budhi, 2003.

Posting Komentar untuk "Strategi Menerka dan Menguji Kembali"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇