Menulis Rumus Matematika di Blog

Bagaimana Menulis Rumus Matematika di Blog? Sebelumnya saya telah menulis Cara Menulis Simbol, Rumus, dan Persamaan Matematika di Blog, tetapi lebih membahas bagaimana cara menampilkannya di blog dari kode latex yang diketik. Bagi Anda yang belum tahu cara untuk menampilkan rumus matematika di blog dengan kode latex, silahkan baca dulu postingan tersebut.

Kali ini, saya akan menulis daftar kode latex yang penting diketahui dalam menulis rumus matematika di blog. Apa yang akan kita pelajari ini, merupakan hal-hal yang sering digunakan saja. Silahkan untuk mencari referensi lain yang lebih lengkap. Dengan mempelajari hal ini, diharapkan Anda dapat menulis simbol, persamaan, fungsi-fungsi atau ekspresi matematika di postingan blog.


Ada banyak kode latex yang tidak mungkin kita hapal semuanya. Sebagian saja, kita usahakan untuk menghapalnya. Admin juga sedikit menghapalkannya kok. Minimal kode-kode yang sering digunakan saja.

Dalam menulis kode latex, kita harus betul-betul memeriksa apakah tidak terdapat kesalahan. Sekalipun, kesalahan itu berupa ada atau tidak adanya spasi antar huruf, karakter, atau antar kode, karena jika terjadi kesalahan itu maka hasil dari penulisan kode latex kita akan error sehingga tidak bisa ditampilkan.

Untuk menulis persamaan atau kesamaan matematika yang panjang yang terdiri dari lebih dari satu simbol sama dengan, biasanya admin gunakan kode berikut ini dimana antar simbol sama dengan itu disejajarkan.

Contoh:
\*begin{align}
\lim_{x \to 1} x^2 - \sqrt{x} + \frac{1}{x} &= (1)^2 - \sqrt{(1)} + \frac{1}{(1)} \\ &= 1 - 1 + 1 \\ &=1
\*end{align}

Catatan: Hapus tanda * agar kode di atas berfungsi. Selain itu, Anda bisa mengapitnya menggunakan simbol mata uang dolar sebanyak satu atau dua di kedua sisinya  (kiri dan kanannya).

Jika Anda menggunakan satu saja maka kode akan termasuk dalam paragraf sedangkan jika menggunakan dua maka kode tidak termasuk dalam paragraf. Contoh di bawah ini memperlihatkan penggunaan dua tanda dolar.

$$ \begin{align}
\lim_{x \to 1} x^2 - \sqrt{x} + \frac{1}{x} &= (1)^2 - \sqrt{(1)} + \frac{1}{(1)} \\ &= 1 - 1 + 1 \\ &=1
\end{align} $$

Perlu Anda ingat bahwa spasi di dalam penulis kode latex adalah bagian dari kode. Jika Anda lupa memberi spasi maka kode latexnya tidak akan bekerja. Misalnya, menuliskan \ begin atau \begin {align} adalah keliru karena tidak boleh ada spasi di situ. Sama halnya ketika Anda mencoba membuat baris baru dengan kode \\ tetapi Anda memberi spasi menjadi \ \ maka hasilnya berupa spasi dua ketukan bukan merupakan baris baru yang Anda inginkan.

Pada contoh penulisan kode latex di atas, Anda telah tahu bahwa \lim_{x \to 1} digunakan untuk penulisan $ \lim_{x \to 1}$, x^2 untuk penulisan $ x^2$, \frac{a}{b} untuk penulisan $\frac{a}{b} $, dan \sqrt{x} untuk penulisan $ \sqrt{x} $ sedangkan & itu kode untuk memulai dimana nantinya awal baris kedua akan dimulai sehingga admin letakkan di samping kiri simbol sama dengan (=) agar semua simbol sama dengan itu sejajar.

Kode Latex yang perlu Anda ketahui bisa Anda searching di internet. Banyak yang sudah mengulasnya secara lengkap. Berikut ini beberapa kode latex yang perlu Anda ketahui.

1. Kode Latex untuk Operasi Dasar Matematika
  • x+y menampilkan $x+y$
  • x \pm y menampilkan $x \pm y$
  • x \times y menampilkan $x \times y$
2. Kode Latex untuk Pecahan
  • x/y menampilkan $x/y$
  • \frac{x}{y} menampilkan $\frac{x}{y}$
3. Kode Latex untuk Bentuk Akar
  • \sqrt{x} menampilkan $\sqrt{x}$
  • \sqrt[x]{y} menampilkan $\sqrt[x]{y}$
  • \sqrt{\sqrt{x}} menampilkan $\sqrt{\sqrt{x}}$
4. Kode Latex untuk Tanda Kurung
  • (x) menampilkan $(x)$
  • \{y\} menampilkan $\{y\}$
  • \left[ \frac{1}{(x \times y)} \right] menampilkan $\left[ \frac{1}{(x \times y)} \right]$
5. Kode Latex untuk Bar dan Hat
  • \bar x menampilkan $\bar x$
  • \hat y menampilkan $\hat y$
Bersambung dulu ya..
Demikian cara Menulis Rumus Matematika di Blog, semoga bermanfaat..

2 komentar untuk "Menulis Rumus Matematika di Blog"

  1. Salam Kenal Gan, Terima kasih Atas ilmunya, Sangat bermanfaat banget bagi saya, yang lagi belajar buat blog Matematika (https://m4thguru.kkatrichannel.info).

    BalasHapus

Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇