Belajar Matematika Online

Tips Memilih Judul Proposal, Tesis, dan Skripsi yang Baik dan Tepat



1) Judul sebaiknya yang menarik minat peneliti

Menarik dan dapat membangkitkan minat si peneliti merupakan sesuatu yang dapat mendorong dan membangkitkan semangat kerja dalam setiap langkah kegiatan penelitian. Jika melakukan dengan terpaksa maka hasilnya juga akan terpaksa alias gak maksimal, selayaknyalah anda memilih judul yang anda minati dan menarik untuk diteliti. Untuk itu carilah masalah-masalah yang menarik untuk sodara teliti.  

2) Judul yang telah dipilih tadi mampu untuk dilaksanakan peneliti

Tentunya judul yang anda pilih dapat memudahkan kita dalam meneliti dan mampu kita laksanakan, so pilih yang mudah tapi sangat bagus daripada perfect tetepi tidak bisa kita lakukan. Olehnya itu disesuaikan dengan kemampuan pengetahuan dan keterampilan kita, jangan mempersulit diri karena takutnya kita tidak menguasai materi saat ujian karena di luar dari kemampuan kita. Dengan demikian kita akan mampu memecahkan  permasalahan yang dicakup oleh judul yang dipilih. Selain dari itu hendaknya penelitian kita memiliki waktu penelitan yang cukup dan biaya yang tidak terlalu mahal.

3) Judul hendaknya mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti

Hasil penelitian harus berguna untuk diri, masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pikirkan hasil penelitian dengan judul yang dipilih, apakah ada manfaatnya atau tidak. Peneliti tentu ingin menyumbangkan karyanya untuk kemajuan ilmu pengetahuan, dan tak akan melakukan suatu kerja yang tak berguna.

4) Judul yang dipilih hendaknya cukup data tersedia

Artinya data yang cukup tersedia dapat meyakinkan peneliti untuk dapat meneliti judul yang dipilih. Data di sini dimakdukan juga data sekunder dari kepustakan yang ada untuk memperoleh teori dan  konsep-konsep yang kelak digunakan pula untuk menyusun hipotesa penelitian. Serta situasi lapangan yang memungkinkan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan oleh peneliti.

5) Hindari terjadinya duplikasi judul dengan judul lain

Jika terdapat dua judul yang sama, orang sering mengatakan tiruan atau plagiat. Hendaknya hal seperti ini tidak terjadi. Karena penelitian dilakukan dengan susah payah dan akhirnya ejekan yang akan terjadi. Hal ini bisa terjadi jika melakukan penelitian ulang atas penelitian orang lain, yang mungkin kita meragukan hasil yang mereka peroleh, atau kita ingin menyempurnakan lebih lanjut. Hal ini perlu dijelaskan dalam penelitian kita. Saran saya, rahasiakan judul anda dan sebaiknya anda setor duluan karena mengantisipasi judul kita diambil ornang. Judul yang kita setor ada 3, nah tipsnya target judul yang akan anda teliti simpan di no.2 dan no.1 dan no.3 samakan dengan judul temanmu agar pemilihan jatuh pada nomor 2, hehehe cukup cerdik kan...

Berikut ini yang perlu dipertimbangkan agar judul kita memenuhi syarat sebagai judul yang tepat dan baik. Yaitu:

  • 1) Judul dalam kalimat pernyataan, bukan pertanyaan
  • 2) Cukup jelas dan singkat serta tepat
  • 3) Berisi variabel-variabel yang akan diteliti
  • 4) Judul menggambarkan keseluruhan isi dan kegiatan penelitian yang dilakukan

Dari keseluruhan uraian di atas, diharapkan peneliti akan dapat menemukan dan menyusun judul penelitiannya yang berfungsi sebagai petunjuk jalan utama bagi pembaca untuk mengetahui hakekat penelitian yang dilakukan. Dan memberi petunjuk bagi peneliti sendiri, arah mana penelitiannya akan dijadikan serta metode apa yang akan  digunakan.
Perhatian: Mau pasang iklan disini? Chat Via WA 082349165919
MY IKLAN
Buku Metode Berhitung Alif
Pesan Di Sini
atau lihat dan dapatkan ebooknya di Google Play Book

2 komentar:

  1. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://jasabimbinganskripsisurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Copyright © Matematika Ku Bisa. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design
Kirim Pesan atau Soal
×
_

Hai, Kamu bisa kirim pesan atau PR Matematikamu ke Admin, di sini! Jangan lupa like halaman admin ya, terima kasih!