Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Skripsi yang Baik dan Tepat

Pada postingan sebelumnya mengenai Pengertian Proposal Penelitian dan Skripsi, telah dijelaskan bahwa kedua istilah tersebut digunakan sebagai istilah untuk menyebut "tugas akhir" dari seorang mahasiswa calon sarjana S-1.

Karena kebetulan saya pernah kuliah di Program Sarjana Pendidikan Matematika, maka saya ingin memberikan beberapa tips dalam memilih atau menentukan judul proposal penelitian skripsi yang baik dan tepat berikut ini.

1) Judul sebaiknya yang menarik minat peneliti

Menarik dan dapat membangkitkan minat si peneliti merupakan sesuatu yang dapat mendorong dan membangkitkan semangat kerja dalam setiap langkah kegiatan penelitian.

Jika melakukan dengan terpaksa maka hasilnya juga akan terpaksa alias gak maksimal, selayaknyalah Anda memilih judul yang Anda minati dan menarik untuk diteliti. Untuk itu carilah masalah-masalah yang menarik untuk Anda teliti.

2) Judul yang telah dipilih tadi mampu untuk dilaksanakan peneliti

Tentunya judul yang Anda pilih dapat memudahkan dalam meneliti dan mampu dilaksanakan. Pilih yang mudah tapi sangat bagus daripada perfect tetapi tidak bisa dilakukan.

Olehnya itu disesuaikan dengan kemampuan pengetahuan dan keterampilan Anda.Jangan mempersulit diri dengan apa yang Anda tidak mampu.

Dengan demikian Anda akan mampu memecahkan permasalahan yang dicakup oleh judul yang dipilih. Selain dari itu hendaknya penelitian Anda memiliki waktu penelitan yang cukup dan biaya yang tidak terlalu mahal.

3) Judul hendaknya mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti

Hasil penelitian harus berguna untuk diri, masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pikirkan hasil penelitian dengan judul yang dipilih, apakah ada manfaatnya atau tidak.

Peneliti tentu ingin menyumbangkan karyanya untuk kemajuan ilmu pengetahuan, dan tak akan melakukan suatu kerja yang tak berguna.

4) Judul yang dipilih hendaknya cukup data tersedia

Artinya data yang cukup tersedia dapat meyakinkan peneliti untuk dapat meneliti judul yang dipilih. Data di sini dimakdukan juga data sekunder dari kepustakan yang ada untuk memperoleh teori dan konsep-konsep yang kelak digunakan pula untuk menyusun hipotesa penelitian. Serta situasi lapangan yang memungkinkan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan oleh peneliti.

5) Hindari terjadinya duplikasi judul dengan judul lain

Jika terdapat dua judul yang sama, orang sering mengatakan tiruan atau plagiat. Hendaknya hal seperti ini tidak terjadi. Karena penelitian dilakukan dengan susah payah dan akhirnya ejekan yang akan terjadi.

Hal ini bisa terjadi jika melakukan penelitian ulang atas penelitian orang lain, yang mungkin kita meragukan hasil yang mereka peroleh, atau kita ingin menyempurnakan lebih lanjut. Hal ini perlu dijelaskan dalam penelitian Anda.

6) Judul yang dililih memenuhi syarat dikatakan judul yang tepat dan baik

Berikut ini yang perlu dipertimbangkan agar judul Anda memenuhi syarat sebagai judul yang tepat dan baik. Yaitu:
  1. Judul dalam kalimat pernyataan, bukan pertanyaan.
  2. Cukup jelas dan singkat serta tepat
  3. Berisi variabel-variabel yang akan diteliti.
  4. Judul menggambarkan keseluruhan isi dan kegiatan penelitian yang dilakukan.
Demikianlah tips-tips memilih judul proposal penelitian skripsi. Semoga dari keseluruhan uraian di atas, diharapkan peneliti akan dapat menemukan dan menyusun judul penelitiannya yang berfungsi sebagai petunjuk jalan utama bagi pembaca untuk mengetahui hakekat penelitian yang dilakukan.

Selain itu, memberi petunjuk bagi peneliti sendiri, arah mana penelitiannya akan dijadikan serta metode apa yang akan digunakan. Semoga bermanfaat.

Sudah atau belum punya judul penelitian? Silahkan baca Cara Merumuskan Masalah dan Judul Penelitian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Promo Domain dan Hosting Murah

2 Responses to "Tips Memilih Judul Proposal Penelitian Skripsi yang Baik dan Tepat"

  1. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://jasabimbinganskripsisurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Harga Promo Rp.85000 (Rp. 100.000)
KLIK DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!