Isi Landasan Teori dalam Proposal Penelitian Skripsi

Setelah membahas Cara Menulis Latar Belakang Masalah dalam Proposal Penelitian. Kali ini saya akan menguraikan apa isi dari landasan teori dalam proposal penelitian skripsi.

Bab II Kajian Pustaka, Landasan Teori, berisi pendekatan-pendekatan atau teori-teori relevan dengan judul dan rumusan masalah yang akan digunakan untuk mengupas, menganalisis, dan menjelaskan variabel yang akan diteliti.

Pendekatan atau teori yang akan digunakan, tentunya dikutip dari pendapat para ahli di bidangnya dari berbagai sumber bacaan yang telah teruji kebenarannya.

Pendapat para ahli tersebut berfungsi untuk menguatkan argumentasi Anda dalam menganalisis masalah yang dikaji dalam penelitian skripsi yang dilakukan.

Sebagai seorang peneliti atau yang berkecimpung dalam dunia akademik merupakan suatu keharusan terhadap kode etik keilmiahan untuk mencantumkan sumber bacaan tersebut di dalam proposal penelitian skripsi.

Pencantuman sumber bacaan ini merupakan penguat dan pengahargaan terhadap karya orang lain.

Terdapat teknik yang mengatur cara-cara pencantuman sumber bacaan yang shahi, baik sumber bacaan yang beasal dari makalah, laporan, skripsi, tesis, disertasi, buku, majalah, surat kabar, antologi, maupun website di internet yang diatur dalam teknik notasi ilmiah yang terdiri atas catatan teks dan catatan kaki.

Perlu diingat bahwa tidak semua sumber bacaan dapat dicantumkan dalam landasan teori, seperti diktat perkuliahan. (Sumber: Niknik M. Kuntaro, Cermat dalam Berbahasa Teliti dalam Berpikir, 2007, hlm.185)

Ditulisan lain, telah dijelaskan bagaimana Penulisan Kutipan dalam Karya Ilmiah dan Penulisan Daftar Pustaka. Silahkan dipelajari.

Pada tulisan ini, saya akan memberikan contoh bagaimana menyusun sub-sub judul dalam Bab II Kajian Pustaka.

Contoh Judul saya: Pengaruh Pemahaman Konsep Limit dan Turunan Fungsi terhadap Hasil Belajar Integral Substitusi Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Wawotobi

Maka, isi landasan teori yang saya gunakan sebagai berikut.

A. Landasan Teori, berisi:
  1. Pembelajaran Matematika
  2. Karakteristik Pembelajaran Matematika
  3. Pengertian Pemahaman Konsep
  4. Konsep Limit Fungsi
  5. Konsep Turunan Fungsi
  6. Pengertian Hasil Belajar
  7. Materi Integral Subsitusi
B. Hasil Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Penelitian

Catatan:
  • Landasan teori berisi semua hal yang mendukung argumentasi pada bab 1 dan teori-teori yang sesuai atau relevan dengan judul penelitian.
  • Hasil penelitian yang relevan berisi daftar hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lainnya yang relevan dengan judul penelitian Anda.
  • Kerangka pikir, menguraikan bagaimana alur berpikir dari latar belakang masalah dipadukan dengan teori yang ada dan hasil penelitian yang relevan sehingga memunculkan jawaban sementara yang dirumuskan ke dalam hipotesis penelitian.
  • Hipotesis penelitian berisi jawaban sementara dari hasil analisis teori, fakta, dan data sebelum melakukan pembuktian (penelitian).
Demikian tulisan mengenai Isi Landasan Teori dalam Proposal Penelitian Skripsi. Jika Anda ingin atau sedang menyusun proposal penelitian skripsi, coba baca Langkah-langkah Penulisan Proposal Penelitian. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Isi Landasan Teori dalam Proposal Penelitian Skripsi"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


KEPOIN DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!