Pengantar Geometri Analitik Bidang - Mata Kuliah Matematika

Geometri secara bahasa terdiri dari dua kata, geo yang artinya bumi dan metri, ukur. Jadi geometri secara etimologis disebut sebagai ilmu ukur bumi. Sejarah kata geometri, berasal dari bangsa Yunani Kuno yang ketika itu tidak dapat menentukan luas suatu bidang datar di atas tanah yang bentuknya tak beraturan. Mereka berusaha untuk memecahkan persoalan tersebut. Manusia pada zaman itu sulit untuk menentukan luas lahan pertanian ataupun daerah kekuasaannya.

Seorang dari bangsa Yunani yang bernama Euclides (nama belakang) disebut-sebut sebagai pencetus pertama yang mempopulerkan istilah geometri dalam bukunya, pembahasan buku tersebut yang terdiri dari 12 bab adalah awal mula berkembangnya ilmu geometri sebagai bidang matematika. Atas jasa-jasanya ia digelari sebagai "Bapak Geometri". Baca lebih lanjut tentang Geometri Euclid.

Dengan pendekatan-pendekatan tersebut seperti meletakkan konsep segi-empat di atas bidang datar sehingga dapat ditentukan luas tanah dengan menggunakan formula atau rumus. Selang beberapa abad kemudian, berkembanglah kajian ilmu geometri seiring bermunculannya ilmuwan matematikawan seperti Phytaghoras, Papyrus, dan lain-lain. 

Mata kuliah Geometri Analitik Bidang (GAB) adalah sebuah mata kuliah yang berusaha untuk menginterpretasikan bentuk-bentuk geometri seperti garis, segi tiga, segi empat, dan lain-lain ke dalam bentuk aljabarnya atau persamaan. Dengan kata lain GAB adalah mata kuliah yang berusaha mengkaji geometri secara analitik. Misalnya, bagaimana menentukan persamaan garis, lingkaran, elips, atau irisan kerucut lainnya, bagaimana melukis bangun-bangun geometri tertentu di R2 dalam sistem koordinat kartesius dan kutub, dll.

Dalam buku berjudul Geometri Analitik Bidang ditulis oleh Drs. La Arapu, Msi, GAB terdiri dari 9 bab pembahasan yaitu:
  • Bab 1: Sistem Koordinat Kartesius dan Vektor
  • Bab 2: Garis
  • Bab 3: Segitiga dan Segiempat
  • Bab 4: Longkaran
  • Bab 5: Irisan Kerucut
  • Bab 6: Melukis Grafik IK dalam Gabungan beberapa Sistem Koordinat di R2
  • Bab 7: Koordinat Kutub
  • Bab 8: Irisan Kerucut dalam Vektor
  • Bab 9: Matriks dan Irisan Kerucut

0 Response to "Pengantar Geometri Analitik Bidang - Mata Kuliah Matematika"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


PESAN DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!