Contoh Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas contoh soal cerita persamaan linear satu variabel (PLSV) dimana materi ini adalah materi matematika siswa SMP/sederajat. Akan tetapi menjadi materi uji pada olimpiade matematika tingkat SD/sederajat.

Sekedar mengingatkan saja bahwa bentuk umum PLSV adalah ax+b=0 dimana a adalah koefisien variabel x dan b bilangan konstan. Contohnya, 2x+5=0, 3x=9, dan lain-lain.

Berbicara tentang persamaan berarti berbicara bagaimana menyelesaikan persamaan tersebut. Menyelesaikan PLSV dengan bentuk umum ax+b=0 adalah mencari nilai dari x sehingga pernyataan tersebut bernilai benar. Misalnya, $2x-1=3$ adalah persamaan linear satu variabel, yang tentunya masih dalam kalimat terbuka, bisa bernilai benar atau salah tergantung substitusi atau masukan nilai x ke persamaan tersebut. Jika kita memasukan nilai x=1 maka $2(1)-1=2-1=1$ tidak sama dengan 3 sehingga x=1 bukan merupakan solusi atau penyelesaian dari $2x-1=3$.

Untuk pembahasan selengkapnya, baca Cara Mengerjakan Soal PLSV

Langsung ke inti pembahasan, contoh soal cerita di bawah ini diambil dari soal olimpiade matematika SD tingkat provinsi Jawa Barat, 2013.

"Harga seekor ayam Rp 25.000,- dan harga seekor kambing Rp 650.000,-. Pak Embe ingin membeli dua kambing dengan cara menjual ayamnya. Berapa banyak ayam yang harus dijualnya?"

Jawabannya sebagai berikut.

Misalnya banyak ayam yang harus dijual adalah a ekor. Artinya, terbentuk persamaan linear satu variabel sebagai berikut.

$25000×a=2×650000$

Kita selesaikan PLSV tersebut dengan cara yang biasa kita lakukan, yaitu:
$\begin{align} a &= \frac{2×650000}{25000} \\ &= \frac{1300000}{25000} \\ &=52 \end{align}$
Jadi, agar dapat membeli 2 kambing, pak Embe harus menjual 52 ekor ayam.

Demikianlah postingan singkat kami yang berjudul Contoh Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)"

Post a Comment

Komentar yang tidak baik atau menampilkan segala hal yang tidak baik, tidak akan kami setujui atau akan kami hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


KEPOIN DI SINI
Mau gabung Grup WA Matematika Ku Bisa? Join Di Sini!