Persamaan Diferensial Orde 1

Persamaan Diferensial Orde 1 - Kita telah membahas pengertian persamaan diferensial, bagaimana membentuk persamaan diferensial, dan apa yang dimaksud dengan solusi persamaan diferensial pada tulisan Pengantar Persamaan Diferensial.

Ada persamaan diferensial biasa yang hanya menggunakan satu variabel bebas dan persamaan diferensial parsial yang sudah menggunakan lebih dari satu variabel bebas.

Dari persamaan-persamaan diferensial tersebut ada yang bersifat linier dan tidak linier.

Silahkan buka pembahasannya untuk membaca lebih detailnya pada tulisan dengan judul Pengertian Persamaan Diferensial Biasa, Linier, dan Tak Linier.

Jika dilihat dari persamaannya, suatu variabel tak bebasnya terturunkan 1 kali maka itu Persamaan Diferensial Orde 1, jika terturunkan 2 kali maka disebut Persamaan Diferensial Orde 2, dst.

Cara Menyelesaikan Persamaan Diferensial Order 1

Ketika membahas masalah persamaan dalam matematika, maka yang jadi inti pembahasannya adalah menemukan solusi dari persamaan tersebut.

Ada persamaan yang bisa diselesaikan secara eksak dan tidak bisa diselesaikan secara eksak sehingga penyelesaian persamaan tersebut menggunakan metode numerik.

Maka dalam pembahasan materi Persamaan Diferensial ini, hanyalah materi-materi yang bisa diselesaikan secara eksak.

Adapun jika ada yang menggunakan metode numerik, itu sebagai tambahan saja. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Persamaan diferensial tingkat (orde) 1 yanga dibahas di sini adalah:

Itilah materi-materi yang insya Allah dibahas dalam blog ini, kami akan memberi label PD Orde 1 sehingga para pembaca bisa mememukan secara cepat materi-materi yang telah ditulis.

Demikian tulisan Persamaan Diferensial Orde 1, semoga bermanfaat.

Buka selanjutnya Persamaan Diferensial Orde 2

Posting Komentar untuk "Persamaan Diferensial Orde 1"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇