Bedanya Garis Berpotongan dan Bersilangan

Garis merupakan konsep dasar dalam geometri yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara dua atau lebih titik dalam ruang. Terdapat berbagai jenis garis dalam geometri, salah satunya adalah garis berpotongan dan bersilangan. Meskipun keduanya merupakan garis, garis berpotongan dan bersilangan memiliki perbedaan yang signifikan dalam konteks geometri.

Garis Berpotongan

Garis berpotongan (intersecting lines) adalah dua garis yang saling memotong satu sama lain di satu titik. Titik potong ini disebut titik potong atau titik irisan. Garis berpotongan dapat ditemukan di banyak objek geometris seperti segitiga, persegi, lingkaran, dan lain sebagainya.

Garis Bersilangan

Garis bersilangan (crossing lines) adalah dua garis yang tidak pernah bertemu atau memotong satu sama lain. Garis bersilangan tidak memiliki titik potong dan selalu terpisah. Contoh sederhana garis bersilangan adalah gambaran "X" yang terdiri dari dua garis lurus yang tidak memotong satu sama lain.

Dengan kata lain, perbedaan antara garis berpotongan dan bersilangan terletak pada fakta bahwa garis berpotongan memiliki satu titik potong atau titik irisan, sedangkan garis bersilangan tidak memiliki titik potong dan selalu terpisah.

Garis yang berpotongan terletak di bidang yang sama sedangkan garis yang bersilangan ini garis yang terletak di bidang berbeda.

Posting Komentar untuk "Bedanya Garis Berpotongan dan Bersilangan"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇