Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
×

Kami jual BUKU MATEMATIKA bedanya Bisa Pelajari Semua Materi yang Dibutuhkan supaya kamu Bisa dan Pandai Matematika , mau?

Bilangan Desimal

Kita telah mempelajari tentang Bilangan Bulat yang merupakan bilangan dengan sistem desimal. Pada postingan ini, kita membahas tentang bilangan desimal.

#1. Pengertian Bilangan Desimal dan Contohnya

Pengertian kata desimal berasal dari bahasa Romawi yang berarti "sepuluh". Bilangan desimal adalah bilangan dengan sistem basis sepuluh, yaitu 0, 1, 2, sampai 9. Setelah angka 9, maka angka berikutnya adalah 10, 11, 12, 13, 14 dan seterusnya. Bilangan desimal disebut juga bilangan berbasis 10.

#2. Macam-macam Bilangan Desimal

Bilangan desimal terbagi dari dua jenis, ada bilangan desimal berulang dan bilangan desimal tak-berulang. Semua bilangan bulat merupakan bilangan desimal yang berulang. Contohnya 3, dengan bentuk desimal berulangnya adalah 3,000... (0 berulang secara tetap sampai seterusnya). Bilangan desimal berulang yang nilainya di antara dua bilangan bulat disebut bilangan pecahan desimal.

Adapun bilangan desimal tak-berulang seperti nilai $\pi$ maka tidak dapat dinyatakan dalam bentuk $\frac{a}{b}$ sehingga $\pi$ bukan merupakan bilangan rasional.

Lebih lanjut, pecahan desimal merupakan bagian dari Bilangan Rasional karena merupakan hasil bagi dari pembagian dua bilangan bulat a dan b ditulis dengan b bukan faktor dari a. Contoh  (dibaca 4 koma lima).

Silahkan baca lebih lanjut di Bilangan Rasional.

#3. Penulisan Pecahan Desimal dan Cara Membaca Pecahan Desimal

Pecahan desimal dituliskan dalam bentuk misalkan 0,5  0,2  1,2   5,6 dan lain-lain, sedangkan untuk cara membaca pecahan desimal yaitu bilangan yang berada di depan koma disebutkan sebagaimana penyebutan bilangan dan bilangan yang berada di belakang koma disebutkan satu-satu.

Contoh:
  1. 20,56 dibaca "dua puluh koma lima enam" bukan "dua puluh koma lima puluh enam".
  2. 453,00013 dibaca "empat ratus lima puluh tiga koma nol nol nol satu tiga.

#4. Cara Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa

Cara mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa perhatikan contoh berikut ini!

  • 0,5 menunjukkan satu angka dibelakang koma (5) artinya
  • 0,05 menunjukkan 2 angka dibelakang koma (0 dan 5) artinya  

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk mengubah pecahan desimal ke pecahan biasa cukup menghitung angka di belakang koma misalkan 0,12344 memiliki 5 angka di belakang koma yaitu 1, 2, 3, 4, dan 4 sehingga pecahan biasanya adalah (nolnya sebanyak 5).

Cara mengubah pecahan biasa ke pecahan desimal, bisa Anda baca di Bilangan Pecahan. Demikian postingan tentang "Bilangan Desimal", semoga bermanfaat.

Ibnu Batauga Seorang blogger dan pengajar Matematika. Penulis buku Metode Berhitung Alif dan Buku Belajar Matematika dari Dasar. Owner Fradsya Store dan Pembuat Lajang Template Blogspot.

Post a Comment for "Bilangan Desimal"

close
Klik 1x untuk menutup(x)
Custom Case Matematika
ORDER DI SINI