Penjumlahan dan Pengurangan dengan Jari

Pada tulisan sebelumnya kita, telah membahas apa itu Jarimatika 99 sampai kepada Penggunaan Jari dalam Berhitung. Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana sih cara melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan dengan menggunakan jari tangan. Anda bisa mempelajari ini untuk mengajarkan anak atau adik Anda.

Jari tangan kita ada 10, ini yang normal. Namun, ada juga yang memiliki jari tangan yang bercabang di jari yang ada. Dengan 10 jari kita dapat melakukan perhitungan matematika yang sederhana, ini kita lakukan saat kita belum memiliki kemampuan berhitung mental (dalam pikiran), yaitu di usia anak-anak. Perhatikan gambar berikut ini !


Pada gambar tersebut, pertanyaan pertama 1+5+2-5, berapa? Langkah-langkah menjawab soal tersebut dengan menggunakan jari adalah:

Pertama, 1+5 ditunjukkan dengan jari telunjuk kanan terbuka mula-mula sebagai angka 1, kemudian angka 1 jumlahkan dengan 5 artinya kita membuka jari telunjuk terlebih dahulu disusul oleh ibu jari sehingga 1+5=6 ditunjukkan oleh jari telunjuk dan ibu jari yang terbuka.

Kedua, 1+5+2=8. Pada langkah 1 telah dijelaskan 1+5=6 ditunjukkan dengan jari telunjuk dan dan ibujari yang terbuka, kemudian jika ditambah 2 artinya kita membuka jari tengah dan manis yang menunjukkan 2 satuan sehingga 1+5+2=8 ditunjukkan oleh ibujari, telunjuk, jari tengah, dan jari manis.

Ketiga, 8-5=3. Mula-mula pada langkah kedua angka 8 ditunjukkan dengan ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan jari manis yang terbuka. Kemudian jika dikurangi dengan 5 artinya kita menurunkan atau menutup jari yang menunjukkan angka 5. Pada Penggunaan Jari dalam Berhitung angka 5 ditunjukkan oleh jempol tangan kanan. Sehingga pengurangan dengan 5 ditunjukkan dengan menurunkan jari jempol. Sehingga jari yang terbuka sekarang adalah telunjuk, jari tengah, dan jari manis yang menunjukkan angka 3.

Untuk nomor 2 saya serahkan kepada pembaca karena proses soal nomor dua sama dengan proses soal nomor satu. 

Ingat, dalam jarimatika penjumlahan dilakukan dengan membuka jari sedangkan pengurangan dilakukan dengan menutup jari.

2 komentar untuk "Penjumlahan dan Pengurangan dengan Jari"

  1. kalau cuma gambar masih bingung pak. mungkin sedikit penjelasan bisa membantu. terima kasih.

    BalasHapus
  2. oke trim. sarannya dan telah berkunjung.... nanti saya edit kemali... alsannya itu hari ada urusan jadi terpotong artikelnya :D

    BalasHapus

Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇