Cara Mengerjakan Soal Matematika Perbandingan

Di dalam pembahasan Materi Perbandingan Matematika Kelas 7, saya telah menjelaskan tentang contoh perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, dua cara membandingkan besaran, perbandingan rasio, perbandingan senilai dan berbalik nilai, skala sebagai suatu perbandingan, contoh dan jawaban soal perbandingan pun telah diberikan pada tulisan tersebut. Pada tulisan ini, saya hanya akan sedikit melengkapinya dengan judul yang lebih spesifik yaitu "Cara Mengerjakan Soal Matematika Perbandingan".

Pertama, Pahami Apa Itu Perbandingan
Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana.
Dari pengertian di atas, maka setiap nilai dari besaran yang berbeda, itu tidak bisa kita bandingkan. Misalnya, membandingkan antara besaran panjang dengan massa. Jika besarannya sama, maka tinggal bandingkan satuannya. Misal 1 m  lebih dari 50cm. Untuk dua nilai yang memiliki satuan yang sama, contohnya tinggi A dua kali tinggi B, panjang A berbanding panjang B adalah 1 : 5, dsb.

Images from www.mikirbae.com

Kedua
, Ketahui dan Pahami Perbandingan Apa yang Digunakan dalam Soal

Soal-soal perbandingan itu ada yang menyangkut masalah selisih dan ada yang menyangkut masalah rasio (hasil bagi) antara dua besaran atau bilangan. Pada perbandingan dalam bentuk rasio, ada perbandingan senilai dan ada perbandingan berbalik nilai. Skala pada gambar atau peta merupakan jenis perbandingan senilai. Jadi, kalian harus betul-betul mampu mengenali jenis perbandingan yang digunakan dalam soal serta cara meneyelesaikannya.

Ketiga, Eksekusi 

Setelah kalian tahu, apa jenis perbandingaannya maka selanjutnya adalah mengeksukusi soal tersebut, yaitu mengerjakannya. Untuk penjelasan materinya, contoh soal dan jawabannya silahkan baca pembahasan Materi Perbandingan Matematika Kelas 7, Demikian tulisan ini tentang Cara Mengerjakan Soal Matematika Perbandimgan, punya soal yang ingin ditanyakan? 

Posting Komentar untuk "Cara Mengerjakan Soal Matematika Perbandingan"


Jangan Lewatkan Kaos Matematika Keren & Unik di👇



Dapatkan panduan Belajar Matematika dari Nol GRATIS di👇